Home »

Solo

LPPM UNS Petakan Hasil Penelitian dalam Workshop Bersama Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti

Workshop nasional ini mengambil tema Pemetaan TRL( Technology Readliness Level) dan spin off hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

LPPM UNS Petakan Hasil Penelitian dalam Workshop Bersama Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Workshop nasional mengambil tema Pemetaan TRL ( Technology Readliness Level) dan spin off Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Hotel Dana, Senin (26/9/2016). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) menggelar workshop nasional bersama Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr.Ir.Jumain Appe, M.Si untuk memetakan hasil penelitian di Hotel Dana, Senin (26/9/2016).

Workshop nasional ini mengambil tema Pemetaan TRL( Technology Readliness Level) dan spin off hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kita harus sudah mulai ukur penelitian-penelitian yang ada, sehingga bisa dirasakan manfaatnya secara nyata di masyarakat, " kata Jumain.

TRL adalah ukuran tingkat kesiapan teknologi.

Dengan kata lain,ukuran yang menunjukan seberapa siap atau matang suatu teknologi dapat diterapkan atau diadopsi oleh pengguna atau calon pengguna

TRL adalah suatu sistem pengukuran sistematik yang mendukung penilaian kematangan atau kesiapan dari suatu teknologi tertentu dan perbandingan kematangan atau kesiapan antara jenis teknologi yang berbeda.

Pada tahun 2003, pengukuran TKT pertama kali dikembangkan oleh NASA, yang digunakan sebagai alat untuk menyeleksi vendor teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya, dalam rangka mengurangi adanya risiko kegagalan.

Acara ini diikuti oleh puluhan peneliti dari semua fakultas di UNS dan juga perwakilan dari beberapa lembaga peneliti di Kota Solo.

Selain Dirjen, sebagai narasumber juga hadir kepala Badan Pengelola Usaha UNS, Dr.Ir.Eddy Triharyanto.

Dalam kesempatan itu, Eddy menyampaikan peran BPU-UNS dalam mengkoordinasi unit usaha di UNS untuk bisa mengoptimalkan perolehan sumber pendanaan universitas.

"Salah satunya dengan mendorong dan mendukung hilirisasi, komersialisasi dan inovasi teknologi, " ucapnya. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help