Malam Ini untuk Pertama Kalinya, Video Mapping di Candi Prambanan Bakal Iringi Sendratari Ramayana

Latar belakang panggung sendratari akan dihiasi dengan video-video yang ditampilkan di layar besar.

Malam Ini untuk Pertama Kalinya, Video Mapping di Candi Prambanan Bakal Iringi Sendratari Ramayana
KOMPAS.COM/ANNE FATHANA
Penghijauan di wilayah Candi Prambanan sebagai program lanjutan dari Djarum Trees for Life gagasan Djarum Foundation di kawasan Candi Prambanan. 

TRIBUNSOLO.COM - Untuk pertama kalinya, pada Senin (10/10/2016) malam nanti, pagelaran Sendratari Ramayana di Candi Prambanan akan ditampilkan dengan tambahan tayangan video mapping untuk mendukung jalannya cerita.

Latar belakang panggung sendratari akan dihiasi dengan video-video yang ditampilkan di layar besar.

Selain itu, Candi Prambanan sendiri juga akan dihiasi dengan video mapping yang dijanjikan menarik.

Hal ini bisa terwujud dengan bantuan 12 proyektor layar lebar yang disediakan oleh Epson, serta rancangan video mapping yang dibuat oleh studio Sembilan Matahari.

"Mengapa kami memilih Candi Prambanan, karena ini menantang, bagian dari peninggalan budaya, dan belum pernah dilakukan sebelumnya," ujar Head of Marcom & Public Relations Epson Indonesia Nolly Dhanurendra kepadaKompasTekno di sela peluncuran proyektor laser 3LCD, Senin.

Studio Sembilan Matahri sendiri digandeng Epson karena mereka dinilai telah berpengalaman menangani konten video mapping. Sebelumnya, studio yang sama telah membuat pertunjukan video mapping di Museum Gajah di Jakarta, Gedung Merdeka Bandung, dan Benteng Kuto Besar di Palembang.

Video mapping sendiri adalah teknik menampilkan gambar visual (video) di atas benda atau bangunan yang menjadi obyeknya.

Untuk video mapping di Candi Prambanan sendiri, tantangan yang dihadapi menurut Nolly adalah permukaan candi yang tidak rata, serta jenis permukaan yang cenderung gelap jika dibandingkan dengan obyek-obyek video mapping sebelumnya.

"Cuaca dan angin juga menjadi kendala karena berpengaruh terhadapalignment dan blending (menyambungkan gambar)," kata Nolly.

Video mapping Sendratari Ramayana dan Candi Prambanan ini telah disiapkan selama satu bulan sebelumnya oleh Epson Indonesia dan Sembilan Matahari.

Seperti apa sajian video mapping ini?

KompasTekno akan melaporkannya langsung dari lokasi acara. (Kompas.com/Reska K. Nistanto)

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help