TribunSolo/

FMIPA UNS Kembangkan E-Museum di Sangiran

Tim riset dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) mengembangkan aplikasi e-museum di Museum Sangiran.

FMIPA UNS Kembangkan E-Museum di Sangiran
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Penyerahan secara simbolis e museum dari tim riset FMIPA UNS ke Museum Sangiran, Kamis (9/3/2017).‚Äč 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Tim riset dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) mengembangkan aplikasi e-museum di Museum Sangiran.

Ketua Grup Riset Multimedia FMIPA Eko Harry Pratisto, ST, M InfoTech mengemukakan, pengembangan aplikasi e-museum di Museum Sangiran tersebut dikembangkan oleh Fendi Aji Purnomo, SSi, MEng yang dibantu mahasiswa Diploma III Teknik Informatika FMIPA.

‘’Teknologi yang kami kembangkan ini selanjutnya kami serahkan ke Museum Sangiran untuk diaplikasikan,” kata Eko, Senin (20/3/2017).

Informasi yang disampaikan dalam aplikasi ini adalah objek pamer dalam 3D dan informasi audio sebagai penjelasannya.

Aplikasi ini hanya mendukung smartphone dengan sistem operasi (OS) android.

“Dengan ketentuan smartphone dengan OS android yang tersedia sensor gyroskop dan memori RAM 1 GB keatas.,” jelasnya.

Penyerahan sendiri dilakukan Kamis 9 Maret 2017 oleh Eko Harry dan diterima oleh Staf Bagian Pemanfaatan BPSMP Sangiran Puja Apriyanto.

Kegiatan ditandai dengan tanda tangan berita acara serah terima hasil penelitian antar kedua belah pihak dan dilanjutkan foto bersama.

Harapannya dengan hadirnya media interaktif tersebut pihak Museum Sangiran dapat menggunakannya untuk menyampaikan informasi secara inovatif kepada masyarakat.

“Dengan catatan tetap mencantumkan hak cipta dari si pengembang yaitu Group Riset Multimedia FMIPA Universitas Sebelas Maret,” tambah Eko.(*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help