TribunSolo/
Home »

Solo

Rektor UMS Pimpin Salat Idulfitri di Makorem 074/Warastratama

Ia menyampaikan khutbah Idul Fitri 1438 H dengan berjudul membangun karakter bangsa yang unggul

Rektor UMS Pimpin Salat Idulfitri di Makorem 074/Warastratama
Dokumentasi Humas UMS
Rektor UMS Sofyan Anif saat menjadi Khatib dan Imam Salat Id di lapangan Makorem 074/Warastratama Surakarta, Minggu (25/6/2017. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dr. Sofyan Anif, MSi menjadi khatib dan imam salat Id di Lapangan Korem 074/Warastratama Surakarta, Minggu (25/6/2017).

Ia menyampaikan khutbah Idul Fitri 1438 H dengan berjudul Membangun Karakter Bangsa yang Unggul Melalui Implementasi Nilai-Nilai Ramadan 1438 H.

"Indonesia adalah negara multikultural besar di dunia yang terdiri atas sejumlah besar kelompok etnis, budaya, agama dan lain-lain," ungkap Sofyan.

"Pluralitas dan heterogenitas tersebut merupakan potensi untuk membangun negara multikultur yang besar, meskipun mempunyai potensi yang besar untuk konflik yang dapat menimbulkan perpecahan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, polarisasi, polemik dan konflik yang melibatkan kelompok suku, agama dan budaya tersebut disebabkan oleh rendahnya komitmen dan karakter bangsa kita.

Terhadap semua realitas, kata Sofyan, barangkali kita patut bertanya-tanya dan mencari penyebab kondisi karakter bangsa kita sangat lemah tersebut.

"Mungkin berkaitan dengan sistem pendidikan kita selama ini yang belum mampu menghasilkan manusia yang berkarakter taqwa yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional dan sosial," ujarnya.

Terlepas dari apapun penyebabnya, Sofyan mengatakan, momentum hari raya tahun ini sangat baik untuk kita renungkan dan kita tingkatkan komitmen kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai ramadan tahun ini dalam membentuk karakter bangsa.

"Caranya melalui penguatan nilai karakter spiritual dan sosial diri kita masing-masing setelah kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dan dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari," tutupnya. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help