TribunSolo/
Home »

Bisnis

» Mikro

Dianggap Potensial, Mebel Solo Siap Kembangkan Ekspor ke Afrika

Konnsumen di wilayah tersebut cenderung lebih gampang dan banyak yang tertarik dengan produk-produk yang ditawarkan dari pelaku usaha Indonesia

Dianggap Potensial, Mebel Solo Siap Kembangkan Ekspor ke Afrika
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki Soloraya), Byib Muchsin. ??? 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Para pelaku usaha mebel dan kerajinan di Solo Raya siap melakukan ekspor produk ke wilayah Afrika.

Selain upaya perluasan pasar, hal itu dikarenakan untuk wilayah Afrika potensi konsumennya dianggap cukup besar.

Hal tersebut diungkapkan oleh ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki Soloraya), Byib Muchsin.

“Sejauh ini pelaku usaha masih banyak yang berkutat di pasar tradisional seperti Amerika dan Eropa Barat, padahal potensi pasar di Afrika sebenarnya juga cukup potensial,” katanya.

Menurutnya, konsumen yang ada di wilayah tersebut cenderung lebih gampang dan banyak yang tertarik dengan produk-produk yang ditawarkan dari pelaku usaha Indonesia.

Walaupun dari volume ekspor, ekspor ke Afrika belum sebanding jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang sudah ada.

“Kalau untuk pasar tradisional kebanyakan kita hanya melayani pesanan, sedangkan Afrika mereka cederung lebih tertarik dengan produk yang sudah ada,” jelas Byib.

“Kami mendorong para pengusaha untuk mulai melebarkan pasar ke sana,” ungkapnya.

Sementara itu, Byib juga menyebut untuk ekspor produk mebel dan kerajinan terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Salah satu faktor utamanya adalah karena melalui Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2017 kemarin cukup berhasil dalam membuka pasar baru,” terangnya.

Utamanya pasar dari Asia dan Eropa Timur. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help