TribunSolo/

Kuliah Umum Faperta UNS Solo Bersama Pakar Bahas Minimnya Tenaga Pertanian di Korea Selatan

Prof Yoon menyampaikan bahwa jumlah tenaga kerja di sektor pertanian di Korea mengalami penurunan yang begitu tajam.

Kuliah Umum Faperta UNS Solo Bersama Pakar Bahas Minimnya Tenaga Pertanian di Korea Selatan
TribunSolo.com/Imam Saputro
Kuliah umum Faperta UNS menghadirkan pakar pertanian Korea Selatan di UNS Surakarta.? 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sebelas Maret (UNS) menghadirkan pakar pertanian dari Bioresouce Science Dankook University Korea Prof. Yoon Seong Tak, PhD dalam kuliah umum di UNS.

Kuliah umum yang dihadiri mahasiswa dan dosen fakultas pertanian tersebut dilaksanakan, Kamis (6/7/2017).

“Kuliah umum mengambil tema Kondisi Pertanian di Korea Selatan,” kata dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Bambang Pujiasmanto, MS, Senin (10/7/2017).

Kuliah umum merupakan salah satu implementasi dari beberapa keepakatan kerjasama antara Fakultas Pertanian UNS dengan Bioresouce Science Dankook University yang telah mulai dirintis sejak tahun 2011 yang lalu.

Menurut Bambang, dalam kesempatan tersebut Prof Yoon menyampaikan bahwa jumlah tenaga kerja di sektor pertanian di Korea mengalami penurunan yang begitu tajam.

Pada tahun 1970 jumlah pekerja sektor pertanian sebesar 45,9 % sedangkan pada tahun 2015 tinggal 5,1 % dari total jumlah penduduk yang bekerja.

“Sedangkan untuk keadaan tanah yang subur yang berpotensi untuk ditanami seluas 23 % pada tahun 1970, sedang pada tahun 2015 hanya 16,8 % dari luas wilayah,” ucap Bambang menirukan presentasi Yoon.

Kemudian konsumsi pola makan terjadi perubahan yang awalnya masyarakat Korea mengkonsumsi nasi sekarang berubah mengkonsumsi buah, sayuran, daging dan susu.

“Kondisi tersebut bisa kita bandingkan dengan yang ada di Indonesia dan dijadikan bahan kajian lebih lanjut,” kata Bambang.

Ia berharap kuliah umum dapat memotivasi mahasiswa dan dosen Faperta UNS untuk lebih mengembangkan ilmunya.(*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help