TribunSolo/

Per 17 Juli 2017, KA Krakatau Berganti Nama Jadi KA Singasari, Ini Rute Barunya

Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau jurusan Merak- Blitar.

Per 17 Juli 2017, KA Krakatau Berganti Nama Jadi KA Singasari, Ini Rute Barunya
TRIBUNJOGJA.COM/IKROB DIDIK IRAWAN
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM, BREBES - Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau jurusan Merak- Blitar.

KA Krakatau berubah nama menjadi KA Singasari jurusan Pasarsenen- Purwokerto- Kutoarjo-Blitar.

Artinya, PT KAI juga memperpendek rute hanya sampai Pasarsenen, tidak sampai Merak.

Manajer Humas PT KAI Daop 5, Ixfan Hendriwintoko, menyatakan kebijakan itu dilakukan untuk mengefisienkan rute dan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

"Satu faktor perubahan nama dan rute KA Krakatau menjadi KA Singasari yakni okupansi penumpang KA Krakatau untuk rute Tanahabang- Rangkasbitung- Merak maupun sebaliknya rata-rata di bawah 30 persen," kata Ixfan dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Minggu (16/7/2017).

Baca: Ini Daftar Harga Promo Tiket KA Kelas Eksekutif di KAI Travel Fair 29-30 Juli 2017

Ia menambahkan, kurangnya okupansi itu terjadi karena masyarakat di wilayah tersebut yang biasa menggunakan KA Krakatau menuju Jakarta bisa menggunakan KA lokal dari Merak menuju Rangkasbitung.

"Di rute itu (Merak- Rangkasbitung) ada enam perjalanan kereta api pulang pergi, artinya ada 12 perjalanan KA di rute itu."

"Untuk menuju Tanahabang, tinggal dilanjutkan menggunakan KRL ada sebanyak 18 KA PP (36 perjalanan)," jelasnya.

Selain itu, masyarakat di wilayah Banten lebih memilih KA lokal dan KRL menuju Jakarta dan sebaliknya lantaran tarifnya lebih murah dibanding jika menggunakan KA Krakatau.

Halaman
12
Editor: Daryono
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help