TribunSolo/

PT Angkasa Pura 1 Tambahkan Bahasa Jawa untuk Informasi Penumpang di Bandara Yogyakarta

Bahasa Jawa melengkapi dua bahasa resmi yang digunakan di Bandara Adisutjipto untuk layanan pengumuman yaitu bahasa Inggris dan Indonesia

PT Angkasa Pura 1 Tambahkan Bahasa Jawa untuk Informasi Penumpang di Bandara Yogyakarta
(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Bandara Adi Sutjipto 

TRIBUNSOLO.COM, YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura 1 menambahkan bahasa Jawa sebagai pengumuman informasi di Bandara Adisutjipto,Yogyakarta, mulai Senin (17/7/2017).

Bahasa Jawa melengkapi dua bahasa resmi yang digunakan di Bandara Adisutjipto untuk layanan pengumuman yaitu bahasa Inggris dan Indonesia.

“Bahasa Jawa, bahasa dan dialek yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan di bandara. Penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Adisutjipto akan merasakan nuansa khazanah budaya Yogyakarta dengan hadirnya informasi announcement yang menggunakan bahasa Jawa,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Israwadi, dalam keterangan pers yang diterima KompasTravel, Senin (17/7/2017).

Dengan penambahan bahasa dalam penyampaian informasi announcement, Israwadi berharap dapat menghadirkan nuansa “keramahan” Yogyakarta di bandara.

Hal itu sekaligus untuk mengenalkan dan mempromosikan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang melalui Bandara Adisutjipto.

"Yogyakarta yang merupakan salah satu destinasi utama di Pulau Jawa memberikan peranan penting bagi bandara dalam mendukung industri kepariwisataan suatu daerah," kata Israwadi.

Menurutnya, bandara menjadi etalase karena fungsi konektivitasnya dari dan menuju suatu lokasi wisata.

Hal ini pula yang menjadi langkah PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam mendukung pemerintah daerah untuk mencapai target 4 persen wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta pada tahun 2018.

“Ini menjadi yang pertama. Bandara Adisutjipto merupakan bandara pertama yang menghadirkan bahasa Jawa dalam penyampaian informasi announcement kepada penumpang. Semoga ini dapat menjadi wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung kearifan lokal seni budaya dan pariwisata di Yogyakarta,” kata Israwadi.

Penggunaan bahasa daerah untuk pengumuman informasi juga bisa ditemukan di Bandara H Aeroppala, Selayar, Sulawesi Selatan.

Di sana, pihak bandara telah menggunakan bahasa Selayar sejak bulan Februari lalu. (Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo)

Berita di atas telah ditayangkan di Kompas.com dengan judul Bandara Yogyakarta Gunakan Bahasa Jawa untuk Informasi Penumpang

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help