TribunSolo/

Menteri Jonan Dorong Warga Gunakan Sungai untuk Bikin PLTA Kecil

Menurut Jonan, bahkan sampah pun bila diolah secara baik dan benar juga dapat dijadikan sebagai energi pembangkit listrik.

Menteri Jonan Dorong Warga Gunakan Sungai untuk Bikin PLTA Kecil
TRIBUNSOLO.COM/LABIB ZAMANI
Menteri ESDM, Iqnasius Jonan (tengah), dalam kuliah umum di Gedung Siti Walidah Kampus UMS di Pabelan, Sukoharjo, Sabtu (5/8/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Labib Zamani

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Pemerintah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan energi primer di wilayahnya masing-masing supaya mandiri.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Iqnasius Jonan, seusai memberi kuliah umum di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (5/8/2017) pagi.

"Bapak Presiden (Joko Widodo) mendorong setiap daerah dapat memanfaatkan energi primer yang ada di wilayah mereka masing-masing," katanya.

Jonan mengatakan, energi primer tersebut contohnya seperti keberadaan sungai.

Sungai dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

"Kalau toh pembangkit listriknya, kecil nggak apa-apa," ujar dia menegaskan.

"Mikro hydro atau mini hydro, seperti 1 megawatt, 2 megawatt atau di bawah 1 megawatt ,itu didorong pemerintah," ucap mantan Menteri Perhubungan (Menhub) ini.

Selain itu, Jonan juga menyebutkan, apabila ada masyarakat di desa atau perkampungan ingin menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, panel surya untuk mengaliri rumah-rumah juga diperbolehkan.

"Dua ini kemungkinannya sangat besar sekali, karena teknologinya sudah tersedia dan relatif terjangkau," ujar dia.

Menurut Jonan, bahkan sampah pun bila diolah secara baik dan benar juga dapat dijadikan sebagai energi pembangkit listrik. (*)

Penulis: Labibzamani
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help