TribunSolo/

Legenda Sprinter Australia, Betty Cuthbert, Meninggal Dunia

Dia meninggal dunia di Western Australia pada hari minggu (6/8/2017) malam, setelah sekian lama mengidap penyakit multiple sclerosis.

Legenda Sprinter Australia, Betty Cuthbert, Meninggal Dunia
ABC
Betty Cuthbert 

TRIBUNSOLO.COM – Legenda Sprinter Australia dan empat kali peraih medali emas Olimpiade, Betty Cuthbert dikabarkan meninggal dunia dalam usia 79 tahun.

Di usia 18 tahun, Cuthbert berhasil memenangkan 3 medali emas di gelaran Olimpiade Melbourne 1956, di nomor lari cepat 100 meter, 200 meter dan 4x100 meter relay.

Dikenal sebagai ‘golden girl’ Australia, dia kembali berhasil memenangkan medali emas di nomor lari 400 meter di gelaran Olimpiade Tokyo, 8 tahun kemudian.

Dia meninggal dunia di Western Australia pada hari minggu (6/8/2017) malam, setelah sekian lama mengidap penyakit multiple sclerosis.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, juga memberikan ucapan belasungkawa melalui media sosial dengan mengatakan Cuthbert adalah “inspirasi dan seorang juara baik di dalam dan di luar lapangan”.

Sahabat dan mantan sprinter Olimpiade, Raelene Boyle mengatakan Cuthbert telah memenangkan medali dengan “kerendahan hati dan keistimewaan”.

"Banyak atlet saat ini bisa belajar banyak dari kesuksesan Cuthbert di dunia atletik," kata Boyle kepada Australian Broadcasting Corp.

Cuthbert yang didiagnosa terkena penyakit multiple sclerosis pada tahun 1969, didaulat menjadi pembawa obor pada Upacara Pembukaan Olimpiade Sydney di tahun 2000.

“Atletik Australia turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya legenda Olimpiade, Betty Cuthbert,” Atletik Australia mengumumkan di Twitter.

Cuthbert, yang pernah mencatatkan 9 rekor dunia selama karirnya, menjadi orang Australia pertama yang berhasil memenangkan 3 medali emas. (TribunSolo.com/Magang/Achmad Budi Saryadi)

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help