TribunSolo/

Pelari Afrika Selatan, Van Niekerk, Juarai Nomor 400 Meter IAAF World Championships London 2017

“Saya mempunyai tim yang bagus yang bisa membantu saya kembali fit setelah pertandingan ini dan saya siap bertanding lagi besok,” tambah Niekerk.

Pelari Afrika Selatan, Van Niekerk, Juarai Nomor 400 Meter IAAF World Championships London 2017
Pelari Afrika Selatan, Wayde Van Niekerk. 

TRIBUNSOLO.COM, LONDON – Pelari Afrika Selatan, Wayde Van Niekerk berhasil meraih medali emas di nomor lari 400 meter putra dalam gelaran IAAF World Championships London 2017, Selasa (8/8/2017).

Van Niekerk, yang berhasil mencatatkan rekor dunia di nomor 400 meter gelaran Olimpiade Rio 2016, di gelaran IAAF World Championships London 2017 berhasil finis di urutan pertama dengan mencatatkan waktu 43.98 detik.

Sementara itu, pelari Bahama, Steven Gardiner berhasil merebut medali perak dengan catatan waktu 44.41 detik dan pelari Qatar, Abdalelah Haroun meraih medali perunggu dengan catatan waktu 44.48 detik.

“Kemenangan ini merupakan pencapaian luar biasa bagi saya,” ungkap Van Niekerk, yang digadang-gadang bisa menjadi penerus kesuksesan Usain Bolt di dunia atletik, setelah Bolt memutuskan untuk pensiun setelah kejuaraan dunia ini.

“Saya mempunyai tim yang bagus yang bisa membantu saya kembali fit setelah pertandingan ini dan saya siap bertanding lagi besok,” tambah Niekerk.

Terjadi drama sebelum sebelum pertandingan di nomor 400 meter ini dilaksanakan, dimana IAAF melarang pelari Botswana, Isaac Makwala untuk berkompetisi setelah dia didiagnosa menderita penyakit menular dan diharuskan menjalani karantina selama 48 jam.

Walaupun Makwala sempat mencoba masuk ke stadion untuk bertanding, IAAF tetap tidak memperbolehkan dirinya untuk bertanding.

"IAAF sangat menyesal bahwa Isaac Makwala tidak bisa bertanding malam ini (8/8/2017) tapi kami harus memikirkan faktor kesehatan bagi semua atlet," badan atletik dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Van Niekerk juga akan bertanding di nomor 200 meter putra, dimana Usain Bolt dan Makwala tidak akan bertanding di nomor ini.

Jika Van Niekerk bisa menjuarai nomor ini, ini akan menjadi raihan emas ganda yang pertama sejak pelari Amerika Serikat, Michael Johnson berhasil merebut emas di IAAF World Championships Gothenburg 1995 dan setahun kemudian di Olimpiade Atlanta.(nationmultimedia/magangTribunSolo/Achmad Budi Saryadi)

Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help