TribunSolo/

Cina Desak AS Menahan Diri Terkait Konflik dengan Korea Utara

Xi Jinping mendesak kedua belah pihak untuk menghentikan konfrontasi dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memperparah keadaan

Cina Desak AS Menahan Diri Terkait Konflik dengan Korea Utara
Xinhua
Presiden China Xi Jinping 

TRIBUNSOLO.COM, BEIJING - Presiden Cina Xi Jinping mendesak Presiden Trump untuk menahan diri dalam menghadapi ketegangan dengan Korea Utara.

Xi Jinping mendesak kedua belah pihak untuk menghentikan konfrontasi dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memperparah keadaan.

Ia berharap pihak-pihak yang terkait masalah tersebut bisa menjaga dan menahan diri.

"Dalam percakapan telepon, kedua presiden tersebut juga membicarakan mengenai hubungan bilateral, menjanjikan hubungan dekat melalui berbagai cara untuk segera bertukar pandangan mengenai isu-isu utama," katanya. 

"Trump mengatakan, negaranya bersedia untuk menjaga komunikasi dan koordinasi dengan China mengenai isu-isu penting internasional dan regional."

Pihak Cina mulai khawatir dengan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Pyongyang.

Pekan lalu, mereka pun mendukung pemberian sanksi yang lebih ketat dari PBB, setelah Korea Utara kembali melakukan percobaan rudal lagi. 

Di sisi lain, Cina berusaha untuk tidak melakukan hal yang dapat memperburuk situasi dan tidak punya niatan untuk menggulingkan rezim di Pyongyang.

Pemerintah Cina berupaya mencegah Korea bersekutu dengan Amerika Serikat, berkaca pada perang Korea tahun 1950-53 yang membuat ratusan ribu tentara Cina tewas.

Sebelumnya, Presiden Trump mengancam akan melepaskan serangan besar-besaran pada Korea Utara.

Pihak Pyongyang sendiri mengatakan, mereka dapat menyerang wilayah Amerika di Guam, Pasifik Barat dengan rudal balistik.

Mengenai hal itu, Donald Trump mengatakan bahwa militer Amerika sudah siap menghadapi serangan Korea.

Trump memastikan Korea Utara akan sangat menyesal bila menyerang Guam.

“Cina juga menegaskan jika Korea Utara menyerang Amerika lalu Amerika membalas serangan, China akan tetap netral,” tulis Global times.

“Jika Amerika dan Korea Selatan bekerja sama untuk berupaya menggulingkan rezim Korea Utara dan merubah pola politik Korea Utara, pihak Cina akan mencegah mereka melakukan hal itu.” (Sutam Ardy S/Magang TribunSolo.com)

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help