TribunSolo/
Home »

Techno

» News

Dua Tahun Hapus Portal Negatif, Kominfo Targetkan Konten Positif Dominasi Internet Indonesia di 2019

Selama dua tahun terakhir tak kurang dari 800.000 portal internet negatif masuk ke daftar Trust Positif Kominfo dan sudah diblokir

Dua Tahun Hapus Portal Negatif, Kominfo Targetkan Konten Positif Dominasi Internet Indonesia di 2019
sxc.hu
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM - Pemberantasan konten negatif di internet menjadi salah satu fokus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Beberapa saat lalu, Kominfo telah berdiskusi dengan para penyedia platform internet alias OTT (over the top) untuk sama-sama menyaring konten yang tak sesuai dengan aturan di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan, selama dua tahun terakhir tak kurang dari 800.000 portal internet negatif masuk ke daftar Trust Positif Kominfo dan sudah diblokir.

Sementara yang bermuatan positif baru sekitar 250.000 situs.

Meski demikian, Rudiantara yakin jumlahnya akan terus bertambah.

"Ini baru dua tahun tapi saya yakin dua tahun sampai tiga tahun mendatang positif list akan lebih banyak," kata dia dalam sebuah tayangan video yang diputar di acara diskusi, Senin (28/8/2017) di Jakarta.

Artinya sekitar 2019 atau 2020 konten positif ditargetkan mendominasi internet Tanah Air.

Adapun yang dimaksud positif list adalah portal internet dengan konten-konten yang bermuatan pendidikan untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat.

Sementara konten negatif adalah yang berbau SARA, pornografi, radikalisme, terorisme, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Rudiantara mengatakan pemerintah menggunakan strategi "hulu hingga hilir" untuk menjamin konten internet yang lebih bermutu.

Halaman
12
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help