TribunSolo/

Dosen Untirta Lulus Program Doktoral Hukum UMS dengan Predikat Sangat Memuaskan

Oleh karenanya, kajian terhadap kebutuhan umat Islam di Indonesia terhadap hukum Islam di Indonesia harus didorong.

Dosen Untirta Lulus Program Doktoral Hukum UMS dengan Predikat Sangat Memuaskan
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Fatkhul saat mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Rektor UMS, Dr. Sofyan Anief, MSi, Rabu (30/8/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO – Dosen Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Fatkhul Muin berhasil meraih gelar doktor di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (30/8/2017).

Ia dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Fatkhul berhasil mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Konfigurasi Sosial-Ekonomi Umat Islam Terhadap Pembangunan Hukum Islam Di Indonesia, di Sekolah Pascasarjana UMS, Pabelan-Kartasura, Sukoharjo.

“Pembangunan hukum Islam di Indonesia harus dapat memberikan manfaat terhadap umat Islam di Indonesia,” kata Fatkhul saat mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Rektor UMS, Dr. Sofyan Anief, MSi.

Oleh karenanya, kajian terhadap kebutuhan umat Islam di Indonesia terhadap hukum Islam di Indonesia harus didorong.

Melalui kajian-kajian dengan berbagai pendekatan yang dapat memberikan manfaat bagi umat Islam, dan hal ini pun menjadi amanat UU No. 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dengan mewajibkan setiap produk undang-undang memiliki naskah kajian.

Menurut Fatkhul, perkembangan hukum Islam di Indonesia mengalami perkembangan pada periode informasi/jasa dengan tahap kesadaran masyarakatnya pada ilmu.

Dengan karakteristik produk hukum lebih bersifat teknis, sehingga hal tersebut menunjukkan arah pembangunan hukum Islam di Indonesia.

Ia menyarankan peran lembaga-lembaga agama terutama Majelis Ulama Indonesia harus bersinergi dengan pemerintah.

"Utamanya merumuskan hukum Islam di Indonesia dalam rangka kepentingan pembangunan hukum Islam bagi umat Islam di Indonesia untuk mencapai kemaslahatan," katanya.(*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help