TribunSolo/
Home »

Solo

Kepala BPU UNS: Peneliti Harus Ubah Mindset

BSN diwakili oleh Kepala Bidang Akreditasi Produk, Pelatihan dan Personal, Donny Purnomo Januardhi Effyandono, S.T.

Kepala BPU UNS: Peneliti Harus Ubah Mindset
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Dr Eddy Triharyanto 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Dr Eddy Triharyanto mengajak para peneliti yang hadir dalamLokakarya Spin Off Pemasaran Produk Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Dunia Industri untuk merubah mindset mereka.

“Sekarang ini sudah bukan zamannya meneliti hanya untuk memenuhi kewajiban sebagai peneliti, tapi lebih dari itu , peneliti sekarang harus mulai berfikir penelitiannya bisa dijual,” katanya saat lokakarya di Solo, Kamis (14/9/2017).

“Dijual dalam artian bisa dihilirisasi atau dikomersilkan dengan tujuan yang baik,” ujarnya.

Sebab, menurutnya, jika suatu hasil bisa sesuai dengan kebutuhan dunia industri, maka akan lebih mudah jika dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengajak peneliti di UNS untuk menghasilkan produk yang terstandarisasi melalui lokakarya dengan narasumber BSN (Badan Standarisasi Nasional) dan Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) UNS.

BSN diwakili oleh Kepala Bidang Akreditasi Produk, Pelatihan dan Personal, Donny Purnomo Januardhi Effyandono, S.T.

"Ini sebagai upaya untuk mendukung hilirisasi produk-produk riset dan pengabdian masyarakat yang ada di UNS," kata Sekretaris LPPM UNS, Ary Setiawan.

"Lebih khusus agar produk yang sudah siap hilirisasi sudah bisa terstandarisasi sesuai BSN," tambahnya.

Lokakarya diharapkan bisa memacu hasil riset yang sudah siap hilirisasi juga sudah bersiap untuk terstandarisasi oleh lembaga terkait.

Lokakarya mengundang periset dari UNS, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Solo Raya, dan dekan di UNS. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help