TribunSolo/

Inilah Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah dan Sayur

Kerja sistem pencernaan kita dalam memproses makanan merupakan salah satu penentu kapan kita harus makan buah dan sayur.

Inilah Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah dan Sayur
wellspired.com
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM - Sayur dan buah merupakan makanan yang wajib masuk dalam menu harian Anda.

Porsi sayur dan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 400-600 gram per harinya. Dari porsi tersebut, 2/3 terdiri dari sayur dan 1/3 nya adalah buah.

Jika dianalogikan, dalam sehari Anda disarankan mengonsumsi 2,5 porsi sayur (atau setara dengan 250 gram) dan 3 potong buah (misalnya 3 buah pisang ambon ukuran sedang, atau 3 buah jeruk berukuran sedang)

Apa faktor yang menentukan waktu terbaik untuk makan buah dan sayur?

Kerja sistem pencernaan kita dalam memproses makanan merupakan salah satu penentu kapan kita harus makan buah dan sayur.

Buah-buahan mayoritas terdiri dari gula buah yaitu fruktosa. Sejak gigitan pertama, mulut akan menghasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbohidrat menjadi komponen yang lebih mudah dicerna.

Selanjutnya kerja enzim pemecah karbohidrat di perut terhenti karena lingkungannya yang bersifat terlalu asam. Proses ini akan berlanjut lagi di usus halus untuk menghasilkan komponen karbohidrat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Sebenarnya, fruktosa yang terkandung dalam buah sendiri sudah tergolong karbohidrat sederhana. Lalu apakah karena sudah berbentuk sederhana maka buah lebih cepat dicerna dibanding makanan lain? Belum tentu, karena masih ada komponen lain dalam buah yaitu serat, yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Berbeda lagi dengan sayuran. Sayuran memiliki kandungan gizi yang lebih beraneka ragam jika dibandingkan dengan buah, karena terdapat karbohidrat, protein, dan juga lemak pada sayuran yang Anda makan.

Masing-masing zat gizi menjalani proses yang berbeda dengan enzim-enzim yang berbeda pula. Dengan lebih beragamnya jenis zat gizi serta jumlah serat yang lebih banyak, sayur memiliki waktu cerna yang lebih lama jika dibandingkan dengan buah.

Halaman
1234
Editor: Rifatun Nadhiroh
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help