TribunSolo/

Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018

Adapun 50 event sepanjang tahun 2018 adalah bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengembangkan pariwisata

Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018
(Asri/TN Taka Bonerate)
Jembatan di Pulau Tinabo, Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Sebanyak 50 event pariwisata disiapkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, untuk menarik kunjungan wisawatan. 

Event-event yang bakal diselenggarakan mengandalkan daya tarik berupa budaya, alam, bahari, dan buatan manusia.

"Memang (event) dominan alamnya sehingga 60 persen itu festival alam. Festival budaya ada 30 persen, sisanya buatan," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Zainuddin dalam acara "Launching Calendar of Event Kabupaten Kepulauan Selayar 2018" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Menurut Zainuddin, Pesona Takabonerate dipilih menjadi agenda utama 50 event yang diselenggarakan pada tahun 2018.

Adapun 50 event sepanjang tahun 2018 adalah bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengembangkan pariwisata.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengapresiasi peluncuran Calendar of Events 2018 Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ia menyebut Kabupaten Kepulauan Selayar adalah kabupaten tercepat di Indonesia yang meluncurkan kalender wisata.

"Saya harap tanggal event tersebut sudah fix dan tak tentatif. Potensi event Kepulauan Selayar, tentu bahari tapi saya lihat wisata baharinya kurang di-core event maupun supporting tak sampai lima yang wisata bahari. Nanti bisa digali dan dikembangkan untuk wisata bahari," jelasnya.

Adapun 12 agenda setiap bulan di Kabupaten Selayar adalah Selayar Maraton 10 kilometer, Festival Budaya Bajo, Sail dan Sale Selayar, Jambore Selam, Selayar Fishing Competition, Tourism Photo Exhibition, Festival Gong Nekara, Selayar International Folk Art & Tourism Festival bulan Agustus, Adventure Trail Tourism, Takabonerate Island Expedition, Selayar Anniversary, dan Motor Wisata Classic.

Kabupaten Selayar merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di luar Pulau Sulawesi.

Selayar bisa dijangkau melalui jalur udara dan kombinasi jalur darat serta laut. (Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo)

Berita di atas telah ditayangkan di Kompas.com dengan judul Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help