TribunSolo/

PT KAI Hadirkan E-Boarding Pass

Fasilitas e-boarding pass dihadirkan PT KAI untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era digital yang serba efisien dan instan

PT KAI Hadirkan E-Boarding Pass
(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Seorang petugas berjalan di samping gerbong kereta api lokal di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (7/9/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menerapkan peningkatan pelayanan boarding penumpang KA melalui fasilitas e-boarding pass.

Fasilitas e-boarding pass dihadirkan PT KAI untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era digital yang serba efisien dan instan.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1, Suprapto mengatakan e-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru.

Setiap penumpang KA yang ingin menggunakan fasilitas ini wajib mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di smartphone.

"Tentunya, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter)," kata Suprapto dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (23/10/2017).

Sejak resmi dirilis pada 2 Oktober 2017, Suprapto menambahkan ada beberapa informasi mengenai e-boarding pass yang harus diketahui pengguna jasa KA.

Di antaranya, e-boarding pass hanya dapat diterbitkan khusus pemesanan tiket kereta api via Kai Access versi terbaru dan dapat diunduh mulai dari dua jam sebelum keberangkatan KA.

Jika sudah menerbitkan e-boarding pass melalui aplikasi Kai Access, otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin CIC di stasiun, atau sebaliknya.

"PT KAI (Persero) memastikan e-boarding pass merupakan dokumen yang sah dan dapat digunakan sebagai persyaratan penukaran award tiket," tambahnya. 

Suprapto menyatakan apabila transaksi penumpang telah sukses pada aplikasi New Kai Access dan memperoleh e-ticket, maka perihal pembatalan atau ubah jadwal diatur dengan beberapa ketentuan.

Halaman
12
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help