TribunSolo/

Minum Madu Saat Hamil, Boleh Nggak Ya?

Kandungan spora pada madu, membuat Ibu hamil menjadi takut akan mempengaruhi sang calon bayi.

Minum Madu Saat Hamil, Boleh Nggak Ya?
Sehat.co
Madu adalah minuman alami yang selama ini dipercaya dapat menyehatkan tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nutrisi yang kaya dalam madu 

TRIBUNSOLO.COM - Sejak dulu madu terkenal kaya akan manfaat.

Dikenal sebagai makanan sehat, rupanya madu mengandung gula sebanyak kurang lebih 70-80%, cairan, mineral, asam, protein, dan beberapa kandungan lain.

Madu juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti luka, infeksi, diabetes, gangguan kulit, maupun gangguan usus dan perut. 

Meskipun begitu, kebanyakan Ibu hamil justru ragu untuk mengonsumsi madu.

Kandungan spora pada madu, membuat Ibu  hamil menjadi takut akan mempengaruhi sang calon bayi. 

Sebetulnya Ibu hamil tidak perlu ragu untuk mengonsumsi madu selama masa kehamilan, karena madu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh di masa kehamilan. 

Meskipun madu tidak direkomendasikan bagi bayi, karena mengandung bakteri yang bisa menyebabkan botulisme pada usus karena usus bayi belum matang untuk melawan bakteri. 

Namun, Ibu hamil yang mengonsumsi madu tidak akan mengakibatkan kandungannya mengalami botulisme, karena spora tidak akan masuk ke pembuluh darah. 

Para ahli menyarankan agar Ibu hamil mengonsumsi madu yang telah terpasteurisasi yaitu, yang sudah dipanaskan lebih dulu hingga sekitar 70 derajat Celcius selama setengah menit kemudian di dinginkan. 

Pemanasan tersebut dilakukan untuk mencegah fermentasi dengan membunuh mikroba berbahaya. 

Halaman
12
Editor: Rifatun Nadhiroh
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help