TribunSolo/

Waspada, Ini Penyakit Serius yang Ancam Pria Penggemar Minuman Manis

Siapa bilang penyakit gula identik dengan wanita yang kerap lebih menyukai kue-kue manis atau cokelat.

Waspada, Ini Penyakit Serius yang Ancam Pria Penggemar Minuman Manis
Camrocker

TRIBUNSOLO.COM - Siapa bilang penyakit gula identik dengan wanita yang kerap lebih menyukai kue-kue manis atau cokelat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Science, menghindari istilah “terlalu” dalam konsumsi gula hampir tidak mungkin dilakukan oleh banyak orang, termasuk pria, sebab gula ada dalam segala makan dan minuman, mulai dari susu protein, saus steak, termasuk kopi yang Anda nikmati sepanjang hari.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengamati sekelompok pria selama 12 minggu.

Satu kelompok pria merupakan pria dengan kadar lemak liver (lemak hati) yang tinggi, dan kelompok lainnya memiliki kadar lemak liver yang rendah.

Walau begitu, setiap peserta diwajibkan mengikuti diet tinggi gula serta diet rendah gula sehingga para peneliti dapat menentukan dampak gula pada kesehatan.

Hasilnya, pria yang “tanpa sadar” mengonsumsi banyak gula memiliki risiko besar mengalami liver berlemak.

Liver berlemak tidak hanya bisa menyebabkan penyakit liver, tapi bisa mengubah metabolisme lemak di tubuh yang akhirnya meningkatkan risiko kerusakan pada jantung dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke di usia lebih muda.

Lebih buruk lagi, diet tinggi gula juga memicu metabolisme lemak yang berbahaya pada pria dengan tingkat lemak liver yang normal.

Dengan kata lain, hasil studi menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi sudah mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular betapapun sehatnya tubuh Anda.

Jika pria ingin membatasi gula, cara termudah adalah dengan menghindari makanan olahan, makanan cepat saji, minuman manis dan soda, serta mengurangi gula dalam kopi. 

Walau memerlukan usaha ekstra, menyiapkan sarapan sendiri dengan bahan utuh (seperti alpukat, telur, dan keju) serta membatasi minuman manis sepanjang hari, asupan gula Anda akan turun drastis dalam semalam.

Langkah penting lain dalam membatasi gula sehari-hari adalah dengan menghindari sumber gula terbesar, seperti saus, salad dressing, roti, kopi manis, donat, minuman beralkohol, dan soda. (KOMPAS.COM/Ayunda Pininta)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di KOMPAS.COM dengan judul: Hati-hati, Pria Penggemar Minuman Manis Bisa Berpenyakit Serius

Editor: Galuh Palupi Swastyastu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help