TribunSolo/

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laporkan Hasil Kerja Program Perhutanan Sosial

Siti mengingatkan bahwa aspek penting dalam pemberdayaan ekonomi adalah ketersediaan lahan dan akses dari pemerintah untuk mendukung usaha

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laporkan Hasil Kerja Program Perhutanan Sosial
Tribun Jateng
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, BOYOLALI – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melaporkan hasil kerja program Perhutanan Sosial di acara Perhutani Sosial Untuk Pemerataan Ekonomi kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jokowi menghadiri acara Perhutani Sosial Untuk Pemerataan Ekonomi yang diselenggarakan di Wonoharjo, Kemusu, Boyolali, Sabtu (4/11/2017).

 “Kami laporkan kepada yang terhormat bapak Presiden, Kehutanan Sosial di Indonesia telah mencapai area seluas 1.08 juta hektare dan masih dalm proses penyelesaian seluas 960.000 ribu hektare, untuk pulau jawa dalam menyiapkan kerja sluas 46.000 hektare yang tersebar di 48 titik di 30 kabupaten,” ujarnya saat membuka acara penyerahan lahan perhutanan sosial di Lapangan Kantor Desa Wonoharjo.

Siti mengingatkan bahwa aspek penting dalam pemberdayaan ekonomi adalah ketersediaan lahan dan akses dari pemerintah untuk mendukung usaha sehingga bernilai ekonomis.

Para petani yang mendapat surat keputusan perhutanan sosial tersebut berasal dari Boyolali, Pemalang, Grobogan, Kudus, Blora dan Bojonegoro. 

Hadir dalam kegiatan tersebut hadir pula Seno Samudro Bupati Boyolali, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

“Secara keseluruhan dari ini dapat diserahkan 1890,6 hektare bagi kelompk tani sebanyak 1685 kepala keluarga,” katanya.

Siti mengatakan, pengolahan lahan hutan dari masing-masing desa berbeda-beda.

Ada yang ditanami palawija, kayu sengon, kayu putih, jagung, nanas, padi dan dimanfaatkan sebagai ekowisata.

Dirinya menguraikan, saat ini pemerintah Indonesia telah menargetkan agar 1,08 juta hektar hutan Perhutani di Indonesia dapat digunakan kepada masyarakat.

Sedangkan di Jawa sendiri saat ini terdapat 46 ribu hektar dengan 48 titik yang telah dimanfaatkan. (*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help