TribunSolo/

Kapolri Resmikan Fasilitas E-Samsat untuk Jawa dan Bali, Wilayah Lain Menyusul

"Sekarang Samsat Online, se-Jawa dan Bali sudah bisa dilakukan, ke depan akan berkembang di seluruh Indonesia," ujar Tito.

Kapolri Resmikan Fasilitas E-Samsat untuk Jawa dan Bali, Wilayah Lain Menyusul
Tribunnews
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menjadi pembicara pada forum terbatas yang diselenggarakan The Pyramid Club di Singapura, Sabtu (26/8/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan fasilitas layanan pembayaran pajak kendaraan secara online atau e-Samsat yang berlaku di Pulau Jawa dan Bal

"Sekarang Samsat Online, se-Jawa dan Bali sudah bisa dilakukan, ke depan akan berkembang di seluruh Indonesia," ujar Tito dalam Launching dan Workshop Modernisasi Polantas di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (9/11/2017).

Selain meresmikan fasilitas e-Samsat, ada sejumlah layanan di Lalu Lintas yang juga diluncurkan, di antaranya peluncuran aplikasi Electronic Registration and Identification (ERI).

ERI merupakan konsep tilang modern dengan menggunakan perangkat CCTV yang terpasang di jalan untuk mengambil foto plat nomor kendaraan dan memberikan data lokasi tempat terjadinya pelanggaran lalu lintas.

Baca: Dokter Tembak Mati Istrinya di Jakarta Timur, Polisi Temukan Ini di Lokasi Kejadian

Sejauh ini sejumlah titik yang telah dipasangi perangkat diantaranya di tol dalam kota, tol Jakarta-Merak, tol Jakarta-Cikampek, JORR 2, dan tol Jakarta-Jagorawi.

"Kecepatan di jalan tol nanti dibatasi, kalau melebihi kecepatannya akan ditilang, jumlah kendaraan yang lewat di jalann tol juga bisa dihitung."

"Ini penting untuk evaluasi bagaimana sistem rekayasa dan berapa petugas yang harus dikerahkan," jelas Tito.

Pada acara ini juga diluncurkan layanan interaktif masyarakat dengan Polri.

Baca: Kisah Pria Bersandal Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby, Reaksi Presiden Jokowi Tak Disangka

Masyarakat bisa menghubungi Call and Command Center, baik melalui nomor telepon 021-1500669 atau 9119.

"Masyarakat bisa lapor kalau kecelakaan, ada petugas yang mau disuap, laporkan!"

"Ada peristiwa misal ada orang pingsan, bisa hubungi Contact Center, nanti informasi akan masuk ke NTMC dan akan disampaikan ke RTMC. Mereka (polantas setempat) akan tangani di lapangan," kata Tito.

Acara tersebut dihadiri jajaran pejabat Korlantas Polri, pejabat utama Mabes Polri, para Dirlantas Polda dan Kasatlantas seluruh Indonesia serta Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. (Fahdi Fahlevi)

Artikel di atas telah dipublikasikan Tribunnews.com dengan judul: Kapolri Resmikan Fasilitas E-Samsat Untuk Wilayah Jawa dan Bali

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help