TribunSolo/
Home »

Solo

Wali Kota Berencana Lakukan Mutasi, Kepala OPD Pemkot Surakarta Ikuti Uji Kompetensi

Ketua Pansel, Anwar Hamdani menjelaskan, bahwa hasil uji kompetensi akan dijadikan pertimbangan untuk menentukan mutasi yang tepat.

Wali Kota Berencana Lakukan Mutasi, Kepala OPD Pemkot Surakarta Ikuti Uji Kompetensi
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Ketua Pansel, Anwar Hamdani 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebanyak 25 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta menjalani uji kompetensi, Senin-Selasa (13-14/11/2017).

Uji kompetensi ini akan dijadikan dasar untuk mutasi jabatan.

Ketua Pansel, Anwar Hamdani menjelaskan, bahwa hasil uji kompetensi akan dijadikan pertimbangan untuk menentukan mutasi yang tepat.

"Uji kompetensi meliputi; uji manajerial, uji bidang, dan uji sosial kultural," kata Anwar, Selasa (14/11/2017).

Baca: Sepasang Kekasih di Tangerang Ditelanjangi Gara-gara Diduga Berbuat Mesum, Seperti Ini Kronologinya

Selain uji kompetensi, masing-masing peserta diwajibkan untuk membuat makalah atau paper yang berisi tentang laporan kinerja selama menjabat sebagai pimpinan tinggi pratama.

Paper atau makalah berisi tentang latar belakang masalah, permasalahan, tujuan, roadmap capaian kinerja, prestasi selama menjadi kepala OPD, kesimpulan dan rekomendasi.

Untuk selanjutnya paper tersebut dipresentasikan di hadapan pansel.

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, dalam sambutannya pada saat pembukaan uji kompetensi mengemukakan, dengan diberlakukannya UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), sebelum wali kota melakukan mutasi / rotasi pimpinan tinggi pratama (pejabat eselon II) terlebih dahulu dilakukan seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi yang independen.

Dan diharapkan menghasilkan pejabat yang the right man on the right place.

Purnomo juga menambahkan, tugas pansel berdasarkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yaitu melakukan evaluasi kesesuaian kualifikasi dan kompetensi pejabat yang mengikuti seleksi mutasi / rotasi.

Sebagaimana diketahui Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo akan melakukan mutasi / rotasi pejabat eselon dua yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja Pemkot Surakarta sebagai pelayan publik terbaik. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help