TribunSolo/

Jaringan Gay Pemburu Anak di Pontianak Ditangkap, Modusnya Kirim Foto Bugil

Para tersangka mengaku sudah melakukan hubungan seks sesama jenis dengan korban yang rata-rata anak tersebut sebanyak 100 kali lebih

Jaringan Gay Pemburu Anak di Pontianak Ditangkap, Modusnya Kirim Foto Bugil
(KOMPAS.com/Yohanes Kurnia Irawan)
Direktur Ditreskrimsus Polda Kalbar, AKBP Mahyudin (dua dari kanan) menunjukkan foto tangkapan layar dari akun Facebook milik para tersangka saat ungkap kasus di Mapolda Kalbar (6/12/2017) 

TRIBUNSOLO.COM, PONTIANAK - Tiga pria ditangkap atas dugaan melakukan tindak pidana informasi dan transaksi elektronik (ITE) hingga mengarah pada perbuatan asusila hubungan sesama jenis di Pontianak, Kalimantan Barat.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar AKBP Mahyudin Nazriansya mengatakan, mereka menyasar anak-anak untuk memuaskan nafsunya.

Ketiga pria berinisial DHP (27), RS (19), dan EF (26) itu merupakan jaringan kelompok gay yang mencari sasaran di dunia maya.

"Sasaran kelompok tersebut, memang mencari anak-anak karena mudah dipengaruhi," ujarnya, Rabu (6/12/2017).

Berdasarkan pengakuan ketiga tersangka tersebut, jumlah anggotanya sudah mencapai 100 orang.

Baca: Muhammad Alvin Faiz Telusuri Netter yang Cibir Anaknya, Pelakunya Tak Terduga

Mahyudin menyebutkan, para tersangka mengaku sudah melakukan hubungan seks sesama jenis dengan korban yang rata-rata anak tersebut sebanyak 100 kali lebih dengan korban yang berbeda-beda pula.

Modus yang mereka lakukan, lanjut Mahyudin, yaitu mengunggah foto diri tanpa busana dan mengirim foto-foto itu ke para korban sehingga korban terbujuk rayuan untuk melakukan hubungan sesama jenis tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat atau para orangtua agar mengawasi anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam pergaulan bebas tersebut, bahkan sangat berisiko tertular HIV/AIDS tersebut," imbaunya.

Barang bukti yang diamankan dari ketiga tersangka, di antaranya screenshot akun Facebook, Twitter, sejumlah handphone berbagai merk yang digunakan untuk aktivitas melanggar kesesusilaan dalam mencari korbannya.

Baca: Artis Besar, Potret Kehidupan 4 Personil Sheila On 7 Ini Bikin Kagum. Tak Ada yang Mewah

"Kami akan bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Kota Pontianak dalam memproses hukum dan memberikan pendampingan terhadap korban anak-anak tersebut," ujarnya.

Ketiga tersangka diancam pasal 45 ayat (1) Jo pasal 27 ayat (1) UU No. 19/2016 tentang Perubahan atas UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman penjara maksimal enam tahun atau denda maksimal Rp 1 miliar. (Kompas.com/Yohanes Kurnia Irawan)

Berita di atas telah ditayangkan di Kompas.com dengan judul Jaringan "Gay" Pemangsa Anak Ditangkap, Modusnya Kirim Foto Bugil

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help