Pilkada Serentak 2018

Polresta Solo Gencar Gelar Cyber Patrol Jelang Pilkada 2018, Ini Alasannya

Andy menyebutkan, sebanyak 16 perngkat komputer beserta puluhan petugas disiagakan selama 24 jam dengan sistem kerja shift tiga kali.

Polresta Solo Gencar Gelar Cyber Patrol Jelang Pilkada 2018, Ini Alasannya
TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADILA
Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, meninjau kegiatan petugas yang sedang berselancar di dunia maya, di TMC Mako 2 Polresta Solo, Jumat (12/1/2018) pagi. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Polresta Solo membentuk Posko Satuan Petugas (Satgas) Anti-Black Campaign atau Anti-Kampanye Hitam untuk Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Posko tersebut bergabung dengan Traffic Management Centre (TMC), di pusat pengendalian kamera CCTV, di Mako 2 Polresta Solo, Jl Slamet Riyadi, Solo.

Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, menjelaskan, pembentukan tim antiblack campaign dilakukan untuk Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

"Jadi tim dibentuk untuk mengantisipasi jika ada pihak yang melakukan kecurangan dengan membagikan berita-berita bohong," ujarnya.

Baca: Dukung Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng 2018, Ini Alasan Partai Golkar

Petugas Polresta Solo melakukan patroli dunia maya mengantisipasi black campaign Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, di TMC Mako 2 Polresta Solo, Jumat (12/1/2018) pagi.
Petugas Polresta Solo melakukan patroli dunia maya mengantisipasi black campaign Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, di TMC Mako 2 Polresta Solo, Jumat (12/1/2018) pagi. (TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADILA)

"Juga yang memfitnah dan memojokkan salah satu paslon, dan sebagainya," kata dia menambahkan, di sela-sela memantau kegiatan tim di TMC, Jumat (12/1/2018) pagi.

Andy menyebutkan, sebanyak 16 perngkat komputer beserta puluhan petugas disiagakan selama 24 jam dengan sistem kerja shift tiga kali.

Mereka antara lain berselancar mengawasi setiap media sosial terutama yang menyinggung isu SARA hingga pelecehan terhadap golongan atau kelompok tertentu.

"Intinya, seluruh tim melakukan cyber patrol atau patroli dunia maya, mengawasi pergerakan kampanye Pikjada dan Pilpres," ucap dia.

Baca: PCNU Solo Belum Sikapi Munculnya Dua Nahdliyin sebagai 2 Cawagub Jateng

Pihaknya akan menindak oknum hingga kelompok jika ditemui kampanye negatif melalui laporan dan aduan.

Juga isu-isu yang membuat masyarakat resah.

"Pembentukan tim Satgas ini adalah berdasar perintah Bapak Kapolri, tentunya kerja s ma dengan Panwaslu," ucapnya.

"Kita awasi jalannya hingga proses Pilkada lancar," paparnya. (*)

Penulis: Facundo Crysnha Pradipha
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help