Home »

Techno

» Apps

Ubah Algoritma News Feed, Mark Zuckerberg Ingin Jadikan Facebook Lebih Bermakna

"Kalau kami melakukan hal yang benar, saya yakin akibatnya akan baik untuk komunitas dan bisnis kami,” tulis Zuckerberg.

Ubah Algoritma News Feed, Mark Zuckerberg Ingin Jadikan Facebook Lebih Bermakna
facebook
Ilustrasi - Facebook 

TRIBUNSOLO.COM - Aneka konten dari situs berita dan pengiklan selama ini banyak bercampur baur dengan posting teman-teman dan keluarga di linimasa pengguna Facebook.

Mark Zuckerberg, sang empunya Facebook, rupanya menilai arus konten dari pihak di luar lingkaran pertemanan pengguna tersebut sudah terlalu banyak sehingga mesti dikurangi.

Raksasa jejaring sosial itu pun memutuskan untuk mengubah algoritma News Feed agar menampilkan lebih sedikit konten publik dari publisher dan brand.

“Posting dari bisnis, brand, dan media menyesakkan momen-momen pribadi yang menghubungkan kita dengan sesama,” tulis Zuckerberg dalam sebuah posting Facebook yang diunggah Kamis kemarin.

Baca: Bikin Geger Netizen Facebook, Bayi Ini Dibuang Bersama Anak Kucing di Dalam Kardus

Langkah Facebook ini terbilang mengejutkan karena bisa berakibat pada menurunnya pendapatan iklan Facebook yang bergantung pada waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook.

Zuckerberg pun berterus terang soal kemungkinan itu.

“Dengan menerapkan perubahan ini, saya rasa waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook, berikut beberapa parameter engagement, akan mengalami penurunan,” imbuh Zuckerberg, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Jumat (12/1/2018).

Toh, Zuckerberg agaknya merasa perubahan News Feed akan memberi manfaat jangka panjang yang lebih penting daripada keuntungan jangka pendek.

Dengan lebih banyak menyuguhkan posting dari pengguna lain, diharapkan para pengguna Facebook bakal lebih banyak berinteraksi dengan sesama.

Halaman
123
Editor: Daryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help