Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2018 Resmi Dimulai Jumat Kemarin

Kemudian SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2018 Resmi Dimulai Jumat Kemarin
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Rektor UNS, Ravik Karsidi (kiri) saat mengadakan konferensi pers terkait kunjungan UNS ke Jepang, Senin (13/11/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia sudah dimulai secara resmi, Jumat (12/1/2018).

PMB dibagi dalam tiga jalur masuk, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta jalur mandiri.

"Secara resmi telah dilauching kemarin sore di Jakarta bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi," kata Ketua Panitia Pusat SNMPTN - SBMPTN 2018, Ravik Karsidi, Sabtu (13/1/2018).

Ravik yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini menjelaskan, tahap pertama dari SNMPTN adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Hari ini, sekolah-sekolah sudah mulai bisa mengisi PDSS," jelas Ravik.

Baca: Website Alami Gangguan, Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN Diperpanjang

PDSS ini, kata dia, sebagai langkah awal bagi siswa dan sekolah untuk pendaftaran di SNMPTN 2018.

Ravik menjelaskan, SNMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Kemudian SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

"Dan yang terakhir Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN," katanya.

Masyarakat khususnya para calon yang memerlukan informasi lebih lanjut, kata Ravik, dapat menggunakan layanan informasi resmi melalui :laman SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id.

Atau http://halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804-1-450 -450.

Adapun layanan informasi resmi untuk SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id dan call-center 0804-1-456-456.(*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help