Pemerintah Targetkan 400 Industri Kecil dan Menengah Manfaatkan KITE IKM

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan seiring dengan pertumbuhan tersebut, juga ditargetkan jumlah IKM yang memanfaatkan KITE IKM

Pemerintah Targetkan 400 Industri Kecil dan Menengah Manfaatkan KITE IKM
TribunSolo.com/Garudea Prabawati
Direktur Jenderal (Dirjen) IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat mengisi FGD Kemudahan KITE IKM, di Alila Solo, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (8/2/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI) mematok pertumbuhan sektor industri 2018 sebesar 5,67 persen.

Untuk mencapai target tersebut, melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) dilakukan penyusunan solusi peningkatan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM.

Direktur Jenderal (Dirjen) IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan seiring dengan pertumbuhan tersebut, juga ditargetkan jumlah IKM yang memanfaatkan KITE IKM.

"Target 2018 kami dapat menjaring 400 IKM," terangnya dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Kemudahan KITE IKM, di Alila Solo, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (8/2/1/2018).

Baca: Ikuti 6 Trik Ini Agar Dapat Tempat Duduk Ternyaman di Pesawat Terbang

Jumlah tersebut dari 4,6 juta IKM secara nasional.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Direktorat Jenderal Bea dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terdapat saat ini 42 IKM telah memanfaatkan fasilitas tersebut.

Namun, saat ini fasilitas KITE IKM masih mengalami masalah.

Baca: Jaksa Sebut Fredrich Yunadi Bersekongkol dengan Bimanesh Agar Novanto Bisa Dirawat di RS Medika

"Masalah seperti IKM belum memenuhi kriteria kewajiban untuk ekspor produk jadi minimal 75 persen dari bahan baku impor, dan teknis persyaratan lainnya," ujarnya.

Gati berujar kemudahan KITE IKM ini harus dimudahkan agar target tercapai dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi. (*) 

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved