TribunSolo/

Pemancar Radio SRV Kambing, Ikon Koleksi Monumen Pers Nasional Solo

Solosche Radio Vereniging (SRV) atau Perkumpulan Radio Solo merupakan radio pertama di kota Solo yang berdiri pada 1 April 1933.

Pemancar Radio SRV Kambing, Ikon Koleksi Monumen Pers Nasional Solo
REPORTER MAGANG TRIBUNSOLO.COM/ALFI NUR
Pemancar Radio SRV Kambing di Monumen Pers Nasional Solo, Jumat, (9/2/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Monumen Pers Nasional di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu cagar budaya yang terletak di Kota Solo.

Monumen ini juga menjadi tempat awal berdiriya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1946.

Awal berdiri pada 1918 dengan nama Gedung Sasanasuka atau Societeit Mangkunegaran, monumen ini hanya mempunyai gedung induk kemudian pada 1980 ditambah beberapa gedung seperti Balai Budaya yang difungsikan menjadi museum.

Tempat bersejarah ini menyimpan aneka jenis koleksi benda bersejarah mengenai perkembangan pers di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda hingga saat ini di Balai Budaya.

Baca: WhatsApp Mulai Sediakan Fitur untuk Kirim Uang

Seperti peralatan liputan wartawan zaman perang hingga kini, aneka surat kabar dari seluruh Indonesia, diorama perkembangan pers di Indonesia, dll.

Salah satu koleksi yang paling menarik adalah pemancar radio SRV.

Solosche Radio Vereniging (SRV) atau Perkumpulan Radio Solo merupakan radio pertama di kota Solo yang berdiri pada 1 April 1933.

Pemancar radio ini disebut juga pemancar radio “RRI Kambing” atau Kyai Balong karena pernah dipakai siaran di dekat kandang kambing di desa Balong, Jenawi, Karanganyar untuk menghindari sergapan tentara Belanda.

Baca: Pilih Ragam Koleksi Asesori Berdasar Zodiakmu

Semua fasilitas di sini disediakan untuk pengunjung secara gratis.

Bagi anda yang ingin mengetahui sejarah pers Indonesia, silakan kunjungi Monumen Pers Nasional yang terletak di Jl. Gajah Mada No. 59, Banjarsari, Solo. (Reporter Magang TribunSolo.com/Alfi Nur)

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help