TribunSolo/
Home »

Solo

Solo Jadi Pionir Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Sektor TKPK

Regulasi penetapan iuran yang ditetapkan untuk JKM jumlahnya 0,24 persen dari gaji dan JKM 0,3 persen dari gaji.

Solo Jadi Pionir Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Sektor TKPK
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Penyerahan secara simbolis sertifikat kepesertaan dan Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada TKPK dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Selasa (17/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - BPJS Ketenagakerjaan berupaya memberikan perlindungan Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja (TKPK) melalui dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Ketenagakerjaan, Suwilman Rachmat, berujar tujuannya pun sama sebagai jaminan kesejahteraan pekerja.

"Dari sisi manfaat, meski TKPK dan hanya mengikuti dua program, namun manfaatnya sama dengan sektor pekerja lainnya," ujarnya kepada wartawan dalam acara Sosialisasi perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi sektor jasa konstruksi dan di Pemkot Surakarta kepada seluruh OPD se-Surakarta, di Royal Heritage Surakarta, Selasa (17/4/2018).

Regulasi penetapan iuran yang ditetapkan untuk JKM jumlahnya 0,24 persen dari gaji dan JKM 0,3 persen dari gaji.

Baca: Dinas Kesehatan Surakarta Upayakan 6.900 KK di Kota Solo Tak Lagi Buang Air Sembarangan

Pihaknya berujar untuk wilayah kerjanya, Surakarta menjadi salah satu pionir untuk melindungi TKPK.

Sedangkan untuk TKPK OPD se-Surakarta yang akan didaftarkan mulai tahun 2018 ini, pria yang akrab disapa Willy tersebut mengatakan bahwa pendaftaran ini dilakukan secara bertahap.

Proses penahapan yang mengacu pada Peraturan Presiden RI Nomor 109 Tahun 2013 tentang penahapan kepesertaan program Jaminan Sosial.

Di pasal 5 yang salah satunya menerangkan bahwa pemberi kerja penyelenggara negara wajib mendaftarkan pegawai pemerintah non pegawai kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman
12
Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help