Membongkar Kejahatan Unit Rahasia Jepang '731': Penyebaran Penyakit Berbahaya dan Percobaan Granat

Selama periode Perang Dunia II berlangsung, sejarah mencatat Nazi dan unit '731' di Jepang bertanggung jawab atas serangkaian 'perang kuman'.

Membongkar Kejahatan Unit Rahasia Jepang '731': Penyebaran Penyakit Berbahaya dan Percobaan Granat
grid.id
Unit 731, bertanggung jawab atas serangkaian uji coba kimia pada penduduk Tiongkok 

TRIBUNSOLO.COM - Arsip Nasional Jepang pada minggu kedua April lalu mengumumkan nama 3.607 Anggota Angkatan Darat Kekaisaran Jepang paling tersohor Unit '731' -- yang bertanggung jawab atas serangkaian uji coba kimia pada para tahanan perang di Tiongkok, sebelum dan selama Perang Dunia II berlangsung.

Katsuo Nishiyama, profesor dari Shiga University of Medical Science, yang memimpin tim pencari fakta kejahatan perang Unit 731 menuturkan:

"Secara resmi, untuk pertama kalinya publik mengetahui detil nama dan alamat lengkap para aktor di balik Unit 731" ujar Nishiyama pada The Japan Times.

Kejahatan yang dilakukan unit rahasia '731' telah lama dikubur dari sejarah peradaban Jepang.

Selama periode Perang Dunia II berlangsung, sejarah mencatat Nazi di Jerman dan unit '731' di Jepang bertanggung jawab atas serangkaian 'perang kuman' di negara jajahan masing-masing.

Perang kuman merupakan bentuk pembunuhan massal yang menggunakan para tahanan perang pada serangkaian uji coba kimia dan nuklir.

Halaman Selanjutnya

Editor: Grid.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help