Destinasi Wisata Unik 3 Gunung di Lembata Nusa Tenggara Timur

Tahun ini, 19 rangkaian acara Festival 3 Gunung, untuk pertama kalinya diselenggarakan di Lembata, mulai 22-29 September 2018

Destinasi Wisata Unik 3 Gunung di Lembata Nusa Tenggara Timur
KOMPAS/KORNELIS KEWA AMA
Gunung Boleng di Pulau Adonara tampak dari Pantai Waijarang, Lembata, Nusa Tenggara Timur 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kabupaten Lembata, salah satu pulau di NTT yang terkenal dengan taman lautnya, juga punya pegunungan unik.

Tiga gunung yang kini giat dipromosikan Kabupaten Lembata ialah Ile Lewotolok, Ile Batutara, dan Ile Werung sebagai daya tarik wisata alam, yang hanya ada di Kabupaten Lembata.

Keunikan dari ketiganya berbeda beda, mulai dari Gunung Ile Batutara, yang mengalami letusan setiap 20 menit sekali dan dapat disaksikan dalam jarak dekat sekitar 50 meter.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur saat meluncurkan Festival 3 Gunung (F3G) di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (7/5/2018) mengatakan pada tahun 2017 gunung tersebut masuk nominasi sebagai destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua di Indonesia.

Baca: 5 Hotel Cordela Bakal Hadir di Sumatera Selatan dan Bengkulu

"Ile Batutara sudah memiliki brand, karena meraih medali perak dengan kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017,” kata Eliaser saat sambutannya.

Demikian pula Gunung Ile Lewotolok, yang memiliki kawah yang luas di puncaknya.

Elias menggambarkan, kawah berpasir putih itu memiliki luas dua kali lapangan sepak bola.

"Luas dan berpasir putih menyerupai lapangan, dan bisa digunakan untuk bermain sepak bola volcano," terangnya.

Baca: Mulai dari Rp 10 Ribu, Nikmati Aneka Sushi di Mall of Indonesia Kelapa Gading

Di lereng gunung berapi ini terdapat obyek wisata budaya berupa rumah adat, memiliki kegiatan seremonial yang unik dan menjadi salah satu daya tarik wisata.

Untuk Gunung Ile Werung, memiliki panorama alam yang eksotik, terdapat sarang burung walet dan goa atau terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga pantai.

Halaman
12
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help