Coba Terapkan Trik '242', Dijamin Puasa Tetap Sehat dan Bugar

Padahal, saat puasa tubuh kita tetap membutuhkan minimal 2 liter atau 8 gelas air per hari agar terhindar dari dehidrasi.

Coba Terapkan Trik '242', Dijamin Puasa Tetap Sehat dan Bugar
iStock

TRIBUNSOLO.COM - Pada saat puasa, kita akan menahan makan dan minum kurang lebih selama 12 jam.

Padahal, saat puasa tubuh kita tetap membutuhkan minimal 2 liter atau 8 gelas air per hari agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, untuk mencukupi asupan makanan dalam tubuh, ada lo cara mudah untuk tetap mendapatkan asupan cairan tersebut.

Saat puasa, tubuh kita sedang membuang racun yang selama ini tertimbun selama 11 bulan, sehingga untuk memberikan energi tersebut kita harus berkecukupan nutrisi dan cairan.

Bagi tubuh, kecukupan air putih per hari bagi tubuh minimal adalah 2 liter atau 8 gelas, dan jika kurang dari angka tersebut akan terlihat sekali tubuh mengalami dehidrasi.

Air putih menurut Ahli Gizi dari Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK, adalah cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita.

“Jadi walaupun ada cairan lainnya seperti soda, kopi atau susu, kita harus mencukupkan asupan air putih untuk tubuh,” ujar dr. Sri pada kompas.com.

Oleh karena itu, agar tetap bugar dan sehat saat berpuasa, kita harus menjaga asupan air, terutama saat berbuka.

Hindari minum yang berlebihan dalam satu waktu, karena minum terlalu banyak sekaligus dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal).

Sehingga, sangat penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur hingga berbuka.

Halaman
12
Editor: Galuh Palupi Swastyastu
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help