Ramadan 2018

Dua Hari Ini, SMP Muhammadiyah PK Solo Adakan Pesantren Ramadan di Asrama Haji Donohudan

Pihaknya berharap, generasi Qurani yang senantiasa cinta Alquran dan generasi Ulul Albab sebagaimana yang menjadi visi sekolah bisa terwujud.

Dua Hari Ini, SMP Muhammadiyah PK Solo Adakan Pesantren Ramadan di Asrama Haji Donohudan
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Pesantren Ramadan SMP Muhammadiyah PK di Asrama Haji Donohudan. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengajak 150 siswa kelas 7 dan 8 untuk menggapai kemuliaan di bulan Ramadan 1439 H dengan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa sampai Rabu (5-6/6/2018).

Ketua Pelaksana Pesantren Ramadan, Widi Kusumajati mengatakan pesantren ini untuk memberikan pemahaman kepada para siswa akan arti Ramadan sebagai bulan kemuliaan.

"Melalui kegiatan pesantren ini kita ingin memberikan edukasi kepada para siswa agar bersemangat meraih kemuliaan di bulan yang penuh kemuliaan ini dengan hal-hal yang positif," kata Widi, Selasa (5/6/2018).

Ia menambahkan terdapat program-program yang mengarahkan para siswa untuk menggapai kemuliaan.

Baca: Timnas U-19 Akan Pindah Lokasi Pemusatan Latihan ke Sidoarjo

Di antaranya Lomba Cerdas Cermat Alquran (CCQ), kaligrafi, pidato, hafalan Alquran, Tilawah Alquran, Azan, dan membuat bros jilbab bagi siswa putri.

Kemudian menjelang berbuka para siswa melakukan kegiatan tadarus Al-Qur'an secara berkelompok.

"Dan pada malam hari nanti, akan diisi tausiah oleh ustaz pilihan," kata dia.

Menurutnya, kegiatan pesantren Ramadan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang sudah diikuti para siswa seperti pengumpulan dan pembagian bakti sosial.

Baca: Sasar Masyarakat Menengah ke Bawah, TPID Surakarta Gelar Pasar Gotong-Royong Bakdan Neng Solo

Pembagian barang-barang bakti sosial yang berwujud sembako seperti minyak goreng, gula pasir, dan mie instan dilaksanakan pada Senin (4/6/2018).

Barang-barang tersebut dikumpulkan oleh para siswa sejak dua minggu sebelumnya ke sekolah.

"Ada 90 paket sembako yang terkumpul dan dibagikan para siswa kepada warga masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan yakni RT 01,02,03,04 daerah Banyuanyar," terang Widi.

Pihaknya berharap, generasi Qurani yang senantiasa cinta Alquran dan generasi Ulul Albab sebagaimana yang menjadi visi sekolah bisa terwujud.

"Harapan kami setelah para siswa mengikuti rangkaian kegiatan sekolah di bulan Ramadan ini, para siswa menjadi rajin salat, rajin beribadah, dan berakhlakul Karimah," tandasnya. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved