Pemudik Dapat Manfaatkan Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan di Perjalanan, Ini Ketentuannya

Layanan BPJS ini berlaku semenjak H-8 hingga H+8 Lebaran, atau 7 hingga 23 Juni 2018

Pemudik Dapat Manfaatkan Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan di Perjalanan, Ini Ketentuannya
TribunSolo.com/Garudea Prabawati
Andayani Budi Lestari selaku Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, saat memberikan sambutan dalam rangka pembukaan posko mudik Lebaran 2018 BPJS Kesehatan, Sabtu (9/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Selama periode libur Lebaran 2018, para pemudik maupun dan wisatawan berhak untuk mendapatkan fasilitas kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan selama perjalanan maupun berada di daerah lain.

Andayani Budi Lestari selaku Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan mengatakan layanan BPJS ini berlaku semenjak H-8 hingga H+8 Lebaran, atau 7 hingga 23 Juni 2018.

"Dengan maksimal pelayan hingga 3 kali," katanya saat berbincang dengan Tribunsolo.com, Sabtu (9/6/2018).

Hal tersebut dikarenakan, dalam fasilitas kesehatan tingkat pertama dibayar dengan kapitasi atau jumlah orang yang terdaftar.

Baca: Intip Fasilitas Mewah di Kamar Vania Athabina yang Buat Kagum, Bukti Betapa Baiknya Venna Melinda

Hal tersebut disebut sistem manage care, serta rujukan berjenjang, karena setelah Lebaran 2018, masyarakat pemudik akan kembali ke daerah domisilinya.

Berbeda dengan orang yang bekerja di luar kota sudah ada aturannya sendiri dalam rangka pemanfaatan fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan ini.

"Untuk pekerja dari luar kota ada surat dinas, walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut, dan tentu saja ini di luar program pelayanan Lebaran 2018 BPJS Kesehatan," terangnya.

Sementara BPJS Kesehatan memastikan semua peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat memperoleh layanan kesehatan di semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di manapun mereka berada.

Baca: Dishub Solo Bagikan Ribuan Peta Mudik ke Pemudik

Dengan program ini semua pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan menggunakan kartu BPJS di sepanjang jalur mudiknya.

Meskipun yang bersangkutan tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Peserta BPJS yang melakukan perjalanan ke luar kota dan dan membutuhkan layanan kesehatan bisa dilayani di FTKP terdekat yang bekerja sama dengan BPJS," ujarnya.

Ini adalah prinsip probabilitas JKN-KIS yang diatur dalam perundangan.

Ini berlaku untuk semua peserta JKN-KIS se-Indonesia selama libur musim Lebaran. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved