PAN Klaim PKS Tak Akan Keberatan Jika Prabowo-Zulkifli Hasan Diduetkan di Pilpres 2019

Kendati demikian, PAN juga tidak keberatan dengan opsi-opsi lain, misalnya, wacana mengusung pasangan calon Prabowo-Anies Baswedan

PAN Klaim PKS Tak Akan Keberatan Jika Prabowo-Zulkifli Hasan Diduetkan di Pilpres 2019
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di rumah dinas Ketua MPR, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menuturkan, pihaknya terus menjalin komunikasi yang intensif dengan Partai Gerindra terkait pembentukan koalisi pada Pilpres 2019.

Ia mengatakan, dalam setiap pertemuan, kedua pimpinan parpol sering membincangkan kemungkinan pasangan calon capres-cawapres yang akan diusung.

Salah satu opsi yang dibicarakan adalah menduetkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai cawapres pendamping Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Yandri, jika opsi tersebut disetujui oleh Gerindra, ia yakin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak akan keberatan.

Baca: Jusuf Kalla Pastikan Belum Ada Menteri yang Minta Izin Hendak Nyaleg

"Ya, beberapa hari ini tentu pertemuan sangat intensif memformat koalisi yang disetujui siapa calon capres-cawapresnya," ujar Yandri saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

"Kalau misalkan PAN Gerindra sepakat mengusung Prabowo-Bang Zul, saya kira PKS Insya Allah akan ikut," ucapnya.

Kendati demikian, kata Yandri, PAN juga tidak keberatan dengan opsi-opsi lain, misalnya, wacana mengusung pasangan calon Prabowo-Anies Baswedan.

Ia mengatakan, wacana mencalonkan Anies Baswedan sebagai cawapres Prabowo telah diperbincangkan di internal PAN.

Baca: 5 Fakta Menarik Jannine Weigel, Penyanyi Thailand yang Sukses Cover Lagu Resmi Asian Games 2018

Selain Anies Baswedan, nama Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo juga menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan oleh PAN.

"Misalkan, jumlah koalisi itu bertambah, bisa jadi ada PKS, PKB dan Demokrat, maka opsi yang lain juga terbuka"

"Misalkan, di luar Prabowo dan Bang Zul, jika saja muncul nama Anies misalkan, itu PAN juga tidak keberatan, karena Anies juga masuk dalam radar pembicaraan yang sangat intensif di internal kami," kata Yandri. (Kompas.com/Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PAN: Jika Gerindra Sepakat Prabowo-Zulkifli Hasan, PKS Akan Ikut"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help