Citilink Matangkan Rute Baru Kuala Lumpur-Banyuwangi

Banyuwangi dinilai tepat untuk dipasarkan karena karakteristik pariwisatanya diminati wisatawan asal negeri jiran

Citilink Matangkan Rute Baru Kuala Lumpur-Banyuwangi
(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)
Pengojek atau supir supir taksi menunggu wisatawan yang ingin menggunakan jasa ojek atau taksi di sekitar jalur pendakian Gunung Ijen, Jawa Timur (9/9/2017). 

TRIBUNSOLO.COM - Maskapai penerbangan Citilink akan membuka rute penerbangan langsung internasional Kuala Lumpur, Malaysia, ke Bandara Banyuwangi, Jawa Timur.

"Hari ini kami ke Banyuwangi untuk mematangkan rencana rute internasional tersebut"

"Sekaligus untuk melihat kesiapan Bandara Banyuwangi untuk menjadi bandara internasional," kata Direktur Niaga PT Citilink Indonesia Andy Adrian Febriyanto, seusai bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Selasa.

Keterangan tertulis Pemkab Banyuwangi menyebutkan, pada pertemuan yang juga dihadiri Executive General Manager Bandara Banyuwangi dari PT Angkasa Pura II Anton Marthalius, Andy mengatakan Citilink kini terus mencari alternatif daerah wisata yang potensial untuk ditawarkan.

Es Tawon, Sajian Segar Kacang Hijau yang Melegenda di Kota Malang

Banyuwangi dinilai tepat untuk dipasarkan karena karakteristik pariwisatanya diminati wisatawan asal negeri jiran tersebut, mulai budaya, obyek wisata alam, karakter warganya, hingga kulinernya yang tidak berbeda jauh.

"Saat ini tren wisatawan Malaysia mencari adventure tourism, seperti mendaki gunung dan menyusuri taman nasional, dan itu dipunyai Banyuwangi dengan Kawah Ijen, Taman Nasional Meru Betiri, maupun Taman Nasional Alas Purwo," katanya.

Ia menilai, kedekatan dengan Bali juga menjadi poin tersendiri, karena seusai berwisata di Banyuwangi, turis bisa melancong ke Bali.

Saat ini, lanjut Andy, proses rencana rute baru itu terus dilakukan, salah satunya dengan berkirim surat ke PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Banyuwangi perihal kesiapan menjadi bandara internasional.

Ombudsman Jateng : Dugaan Maladministrasi di Lahan HP 105 Jebres Solo Tak Terbukti

Rute internasional tersebut diharapkan bisa terealisasi pada kuartal IV 2018 seiring penyelesaian peningkatan kualitas infrastruktur Bandara Banyuwangi.

Saat ini, AP II sedang mempercepat pekerjaan penebalan landasan dan perluasan apron bandara untuk menyambut pertemuan dunia oleh IMF-Bank Dunia pada Oktober 2018 di mana delegasi sejumlah negara akan mendarat di Banyuwangi.

"Rencananya (penerbangan Kuala Lumpur-Banyuwangi) kami akan pakai Airbus A-320," kata Andy.

Lama Tak Tampil Di Layar Kaca, Penyanyi Lawas Asal Solo Ini Juarai Mask Singer Indonesia Season 3

Citilink kini telah melayani rute langsung Jakarta-Banyuwangi selama dua kali dalam sehari.

"Perkembangan rute Jakarta-Banyuwangi sangat bagus, load factor-nya 80 persen"

"Maka kami sangat optimistis dengan rute internasional ini," ujarnya. (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarik Turis Malaysia, Citilink Matangkan Rute Kuala Lumpur-Banyuwangi"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help