Permudah Pembelian Tiket Penerbangan, Scoot Luncurkan Fitur Chatbot

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan konsumen tetapi juga dapat melakukan transaksi. M.A.R.V.I.E dibuat untuk membantu menjawab pertanyaan konsumen

Permudah Pembelian Tiket Penerbangan, Scoot Luncurkan Fitur Chatbot
KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA
Pesawat Boeing 787 Dreamliner Scoot di Bandara Tegel Berlin, Jerman, Rabu (20/6/2018). 

TRIBUNSOLO.COM - Maskapai penerbangan Scoot meluncurkan chatbot, merupakan fitur yang membantu para penumpang melakukan pengiriman pesan atau chat melalui Facebook Messenger di halaman Facebook Scoot Singapura.

Chatbot tersebut dinamakan M.A.R.V.I.E. (Scoot’s Most Awesome and Resourceful Virtual Intern Ever) resmi diluncurkan sejak 23 Juli 2018.

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan konsumen tetapi juga dapat melakukan transaksi. M.A.R.V.I.E dibuat untuk membantu menjawab pertanyaan para konsumen.

Beberapa hal yang bisa dilakukan chatbot tersebut antara lain mencari jadwal penerbangan, menampilkan tarif dan ketersediaan penerbangan Scoot, memesan tiket, dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Berencana ke Selandia Baru? Ini 5 Cara Terbaik Pelesiran di Negeri Kiwi

Setelah diluncurkan, M.A.R.V.I.E telah melayani rata-rata 50 konsumen per hari, dan berhasil menjawab 37,5 persen pertanyaan yang datang dari Facebook.

“Sebagai maskapai pertama di Asia yang dapat melakukan pemesanan dan pembayaran melalui chatbot, kami ingin memudahkan konsumen mewujudkan rencana perjalanan mereka bersama Scoot melalui pendekatan mobile-first selain situs web dan aplikasi seluler,” kata Chief Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan dalam keterangan tertulis.

Untuk pertanyaan yang paling sering diajukan pada chatbot tersebut antara lain mengenai bagasi, program Scoot Insider, integrasi KrisFlyer, pencarian jadwal penerbangan dan pemesanan tiket.

Kalapas Sukamiskin Baru Siap Lakukan Pembenahan Pasca-OTT

Tidak hanya itu, rencananya M.A.R.V.I.E ini juga akan bisa menerima kode promo, membantu penumpang mengatur dan mengubah jadwal penerbangan.

Lalu juga chatbot akan bisa melayani penumpang untuk membeli produk tambahan seperti nomor kursi yang diinginkan dan asuransi penerbangan, memesan tiket interline dengan maskapai mitra, dan menerima lebih banyak metode pembayaran. (Kompas.com/Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Scoot Luncurkan Fitur Chatbot untuk Pembelian Tiket Penerbangan"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help