Masyarakat Diimbau Beralih ke Kartu GPN, Apa Saja Sih Keuntungannya?

Bhakti berujar, dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN, masyarakat tidak akan ada lagi yang menanggung merchant discount rate (MDR).

Masyarakat Diimbau Beralih ke Kartu GPN, Apa Saja Sih Keuntungannya?
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi kartu debit berlogo GPN dari Bank Mandiri. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Pemberlakuan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), bagi masyarakat tujuannya yakni untuk memudahkan proses transaksi, karena semua kartu debit berlogo GPN dapat digunakan pada semua Electronic Data Capture (EDC) dari semua bank.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) Kantor Perwakilan (KPw) BI Surakarta, Bhakti Artanta.

"Tentunya banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan," katanya kepada TribunSolo.com, Sabtu (3/8/2018).

Bhakti berujar, dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN, masyarakat tidak akan ada lagi yang menanggung merchant discount rate (MDR).

Warga di Solo Ini Ingin Sedah Mirah Nasution Kelak Jadi Pemimpin Seperti Jokowi

Karena biasanya, masyarakat yang melakukan pembelanjaan di merchant tertentu, biasanya ada biaya tambahan sebesar 1,6 - 2,2 persen.

"Hal inilah yang tidak diperkenankan, dalam menggunakan kartu debit GPN saat bertransaksi, terlebih seharusnya MDR itu beban merchant itu sendiri bukan nasabah," imbuhnya.

Tentunya dalam hal ini, lanjutnya, otomatis ada pengawasan serta koreksi langsung, ketika ada merchant yang tidak tertib, atau masih mengenakan MDR pada masyarakat saat bertransaksi menggunakan kartu debit GPN.

Selain itu, setiap transaksi domestik tak lagi harus diproses di luar negeri, seperti yang selama ini yang terjadi bila bertransaksi dengan kartu debet berlogo visa dan mastercard.

Riasan Tasya Kamila di Hari Pernikahannya dengan Randi Bachtiar Jadi Sorotan, Natural dan Sederhana

"Artinya tak perlu lagi pengeluaran biaya switching yang besar ke perusahaan prinsipal asing untuk memproses pengalihan transaksi dari rekening nasabah ke rekening merchant,"katanya.

Di mana dana yang masuk biasanya 0,15 persen per transaksi.

Dan tentunya melalui GPN akan lebih efisien dari segi infrastruktur.

Sebab EDC di tiap outlet penjualan tak perlu lagi menyediakan banyak mesin.

"Cukup satu, namun dapat digunakan bertransaksi semua bank yang kartunya berlogo GPN, serta masih banyak lagi keuntungan lainnya," tutupnya. (*) 

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved