Home »

Bisnis

» Mikro

KPw BI Solo Luncurkan Aplikasi SIAPIK, untuk Perluasan Pasar dan Kemudahan Akses Kredit UMKM

Kepala KPw BI Solo, Bandoe Widiarto mengatakan selain inovasi, UMKM perlu melek teknologi go online untuk perluasan pasar

KPw BI Solo Luncurkan Aplikasi SIAPIK, untuk Perluasan Pasar dan Kemudahan Akses Kredit UMKM
TribunSolo.com/Garudea Prabawati
Pelucuran aplikasi SIAPIK, untuk perluasan pasar dan kemudahan akses kredit UMKM 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk semakin inovatif untuk berkembang ditengah gempuran jaman yang semakin maju.

Kepala KPw BI Solo, Bandoe Widiarto mengatakan selain inovasi, UMKM perlu melek teknologi go online untuk perluasan pasar.

Untuk itulah salah satunya diperkenalkan aplikasi berbasis android Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK).

"UMKM berpotensi untuk menciptakan sumber ekonomi baru di Indonesia, potensi yang dimiliki UMKM pun dapat mendukung penyerapan tenaga kerja, maka dari itu untuk tetap terus maju mereka perlu melek digital," katanya kepada Tribunsolo.com, saat ditemui usai acara pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan dan Pemasaran Online, di KPw BI Solo, Rabu (8/8/2018).

Dua Gol Persika Karanganyar U17 Bungkam Persibas Banyumas U17

Bandoe mengatakan SIAPIK sendiri merupakan aplikasi yang dikembangakan BI untuk membantu UMKM dalam pencatatan transaksi keuangan berbasis android.

Melalui aplikasi SIAPIK dalam mencatat jenis transaksi keuangan sederhana dan membuat laporan keuangan bagi UMKM pada sektor jasa, perdagangan, pertanian dan infrastruktur.

Aplikasi SIAPIK akan membantu UMKM yang selama ini mengalami kendala dalam melakukan pencatatan keuangan serta sebagai bahan rujukan untuk diperlihatkan dalam melakukan akses pembiayaan ke Perbankan.

"Sehingga selain membantu UMKM dalam akses permodalan, perbankan pun dapat terbantu dalam hal mengetahui UMKM yang sehat," katanya.

Genap Berusia 35 Tahun, Sandra Dewi Posting 7 Kue Ulang Tahun Unik dari Tahun ke Tahun

Bandoe menyebutkan saat ini pangsa kredit UMKM terhadap Gross Domestic Product (GDP) secara masih rendah.

Halaman
12
Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help