Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Diburu Pelamar Kerja

Sejak awal Oktober lalu, menurut salah satu perangkat Desa Demangan cukup banyak warga yang datang untuk melamar pekerjaan.

Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Diburu Pelamar Kerja
Kompas.com/STANLY RAVEL
Penampakan sejumlah pikap putih di pabrik Esemka Boyolali. 

TRIBUNSOLO.COM - Mobil nasional Esemka kembali geger setelah Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mengumumkan peluncurannya pada Oktober 2018 ini.

Sejumlah media nasional mulai blusukan mencari informasi mengenai kemunculan mobil tersebut di pabrik yang berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sayang sesampainya di lokasi (8/10/2018), kondisi pabrik masih tertutup rapat tanpa ada tanda-tanda aktivitas di area tersebut.

Saat mencoba mendekati gerbang utama, Kompas.com langsung dihalau dan dilarang untuk mengambil gambar, bahkan diminta untuk segera meninggalkan lokasi oleh petugas keamanan yang berjaga dengan alasan bila pabrik belum diresmikan.

Seiring berita peluncuran mobil Esemka, marak pula info mengenai adanya lowongan pekerjaan di PT Solo Manufacturing Kreasi (SMK).

Sejak awal Oktober lalu, menurut salah satu perangkat Desa Demangan cukup banyak warga yang datang untuk melamar pekerjaan.

Hasil Blusukan ke Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah

"Katanya belum diresmikan jadi belum ada lowongan, tapi orang-orang yang datang infonya pada nitip lamaran sama yang jaga."

"Kita sebelumnya memang dijanjikan bahwa desa ini akan mendapat prioritas soal pekerjaan, tapi sampai saat ini belum ada info," ucap pria yang juga berprofesi sebagai tenaga pengajar di Desa Demangan.

Meski demikian, dia mengakui bila sudah ada beberapa orang di Desa tersebut yang mulai bekerja, namun hanya sebagai buruh pabrik saja.

Mendapat informasi ini, Kompas.com mencoba mencari salah satu warga yang merupakan pekerja di sana dan tinggal di samping belakang pabrik tersebut.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved