Munas X Perbarindo di Solo Bahas Perluasan Layanan dan Kredit Untuk Majukan UMKM

Dalam munas tersebut terkemas dalam tema Peran BPR-BPRS Sebagai Mitra UMKM Dalam Memperluas Akses Layanan Perbankan Bagi Masyarakat Indonesia.

Munas X Perbarindo di Solo Bahas Perluasan Layanan dan Kredit Untuk Majukan UMKM
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kepala OJK, Wimboh Santoso, dalam Acara Munas X Perbarindo, di The Sunan Hotel Solo, Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Ratusan peserta tampak hadir dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) X Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) 2018.

Acara tersebut digelar di The Sunan Hotel Solo, Senin (22/10/2018).

Para peserta merupakan pengurus Perbarindo dari 24 Dewan Perwakilan Daerah (DPD), pengurus dari 48 Dewan Perwakilan Komisariat (DPK) pemegang saham, Dewan komisaris dan Direksi BPR-BPRS anggota Perbarindo seluruh Indonesia.

Dalam munas tersebut terkemas dalam tema Peran BPR-BPRS Sebagai Mitra UMKM Dalam Memperluas Akses Layanan Perbankan Bagi Masyarakat Indonesia.

Kemenkop dan UKM RI: Aplikasi Lamikro Bantu Kinerja UMKM Agar Bisa Naik Kelas

"BPR berperan besar mendorong UMKM bertranformasi bisnis, menjadi lebih mandiri, dan menciptakan kesejahteraan masyarakat perdesaan," tutur Ujar Joko Suyanto selaku Ketua Umum Perbarindo kepada Tribunsolo.com, saat ditemui di The Sunan Hotel Solo, Senin (22/10/2018).

Hal ini terbukti, dari perkembangan jumlah kredit yang disalurkan pada UMKM, yakni terdata Juli 2018 yang mencapai Rp 95 triliun atau tumbuh sebesar 8,59 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Artinya, imbuhnya, dari penyaluran kredit ini mencerminkan industri BPR ataupun BPRS, baik produk maupun layanannya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Selain itu industri BPR atau BPRS telah melayani masyarakat Indonesia sebanyak 17 juta nasabah yang terdiri dari 34 juta rekening dengan rata-rata pinjaman Rp 27 Juta.

Kemenkop UKM RI: Perlu Peningkatan Potensi Pelaku UMKM Hadapi Era Industri 4.0

Kemudian deposan sebanyak 600 ribu rekening dengan rata-rata deposito sebesar Rp 102 juta.

Halaman
12
Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved