Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka pada 19 November 2018

Adapun pembukaan jalur ini juga dilakukan beberapa persiapan, seperti melakukan tiga kali survei untuk mengecek kondisi jalur pendakian Aik Berik

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka pada 19 November 2018
KOMPAS/Iwan Setiyawan
Keindahan kaldera Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak dan gunung anakan Barujari menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

TRIBUNSOLO.COM - Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono mengungkapkan bahwa jalur pendakian Aik Berik di Gunung Rinjani akan dibuka pada 19 November 2018.

Pembukaan jalur pendakian Aik Berik secara resmi akan dibuka oleh Bupati Lombok Tengah Moh Suhaili Fadhil Thohir.

Agenda ini tidak dipungut biaya.

Adapun pembukaan jalur ini juga dilakukan beberapa persiapan, seperti melakukan tiga kali survei untuk mengecek kondisi jalur pendakian Aik Berik.

"Persiapan dari TNGR sebelum pembukaan jalur pendakian yakni melakukan survei di tiga jalur," ujar Sudiyono saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (9/11/2018).

Depresi, Pelaku Penyerangan Mapolsek Penjaringan Sengaja Ingin Ditembak Mati Polisi

Survei pertama dilakukan oleh pengelola TNGR bersama TNI, Polri, Dinas Provinsi NTB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara, BPBD Lombok Timur pada 3-5 Oktober untuk menelusuri jalur pendakian Senaru, Sembalun, Tembanuh.

Survei kedua, pada 15-17 Oktober 2018, bertujuan untuk mencari jalur alternatif Aik Berik, Timbanuh, dan Sembalun jalur lama.

"Ternyata ketiga jalur tersebut tidak mungkin dilalui karena tertimbun longsor, apalagi di jalur Sembalun tidak ada sumber air," ujar Sudiyono.

Selanjutnya, pada survei ketiga dilakukan pada 2-6 November 2018 khusus untuk menelusuri jalur Aik Berik dan memasang rambu-rambu perbaikan jalur di beberapa shelter.

"Jalur yang layak dilewati menuju Gunung Rinjani hanya jalur Aik Berik saja," ujar Sudiyono.

Ridwan Kamil Siap Beri Bantuan untuk Eti Binti Toyib, TKI yang Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi

Menurut Sudiyono, ada beberapa keistimewaan jika pendaki melewati jalur Aik Berik, yakni lebih dekat dari bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, mudah ditemukan air, vegetasi berhutan dan mudah ditemukan satwa, juga harus satu paket dengan wisata air terjun Benang Kelambu dan air terjun Benang Stokel.

Selain itu, jalur Aik Berik ini tidak bisa mengunjungi ke Danau Segara Anak, namun hanya bisa melihat area tersebut dari kejauhan.

Menurut Sudiyono, kondisi jalur pendakian Aik Berik dinilai lebih aman dibandingkan dengan jalur lainnya.

Karena masih jalur baru, Sudiyono mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika melakukan perjalanan di wilayah Gunung Rinjani. (Kompas.com/Retia Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jalur Pendakian Rinjani Dibuka pada 19 November, Ini Persiapannya"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved