Ohana Jalin Kerja Sama Pengadaan Kursi Roda dengan Dinsos Solo dan Magelang untuk Dorong SDGs

Organisasi Harapan Nusantara (Ohana) Yogyakarta adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berkhitmad dalam persoalan disabilitas.

Ohana Jalin Kerja Sama Pengadaan Kursi Roda dengan Dinsos Solo dan Magelang untuk Dorong SDGs
Dok Humas Soloraya Accessible Tourism, Mulyanto Utomo
Risna Utami (kiri) dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magelang menandatangani MoU pengadaan kursi roda, di Kantor Ohana, Yogyakarta, Jumat (8/11/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, YOGYAKARTA - Organisasi Harapan Nusantara (Ohana) Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Solo dan Magelang untuk pengadaan kursi roda bagi difabel di kedua wilayah tersebut.

Ohana adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berkhitmad dalam persoalan disabilitas.

Adapun penandatanganan kerja sama dilakukan  pada Jumat (8/11/2018) siang.

"Tujuan kami mengadakan kerja sama ini adalah mendorong pemerintah daerah bisa mengadopsi dan menerapkan prinsip-prinsip sustainable development goals (SDGs, Red) dengan tiada seorang pun yang tertinggal," papar Direktur Ohana, Risnawati Utami, saat menandatangani kerja sama dengan Pemkab Magelang dan Dinsos Kota Solo, di Kantor Ohana, Jl Kaliurang Km 13, Yogyakarta.

Kepala Dinas Sosial Solo Inginkan Hak-hak Penyandang Disabilitas Dipenuhi

Menurut Risna, pihaknya sebagai lembaga sosial menginginkan agar Indonesia dimulai dari pemerintahan daerah mampu menyelaraskan pembangunan berkelanjutannya dengan prinsip-prinsip Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Difabilitas.

"Dalam prinsip itu, negara wajib memberikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak bagi seluruh penyandang disabilitas tanpa kecuali," kata Risna, dalam rilis yang dikirim ke TribunSolo.com, Jumat.

Pada 12 Juni 2018 silam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memilih Risnawati Utami sebagai salah satu anggota Committee on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD).

Keberadaannya di lembaga internasional itu diharapkan kian memperkuat pemerintah Indonesia dalam memperhatikan para penyandang disabilitas.

Gandeng Anak Yatim, Begini Cara Dinsos Kota Solo Peringati Hari Anak Sedunia

Pada kesempatan Jumat siang Risna menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magelang.

Sementara dengan pihak Dinas Sosial Kota Solo yang didampingi calon mitra kerja sama Soloraya Accessible Tourism (SRAT), mengadakan penjajagan lebih lanjut guna memfasilitasi pengadaan kursi roda bagi disabilitas di Kota Solo.

"Semoga dua atau tiga bulan kita sudah bisa menandatangani MoU," kata Evi, wakil dari Dinas Sosial Kota Solo.

Dinsos Solo sendiri menurut Evi sangat bergembira menyambut ajakan kerja sama Ohana untuk pengadaan kursi roda bagi para penyandang disabilitas ini.

Disabilitas Tak Halangi Elih Jadi Atlet, Masuk 16 Besar Kejuaraan Anggar Kursi Roda di Polandia

Selama ini Dinsos menerima banyak permintaan dari masyarakat mengenai alat bantu difabel termasuk kursi roda.

"Karena itu kerja sama dengan Ohana ini sungguh akan membantu masyarakat Solo dan juga pemerintah," kata  Evi. (*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved