Pertamina Jamin Penyaluran BBM di Timika Telah Normal

Sebelumnya, kapal pengangkut solar MT Kahayan yang mengangkut solar sejumlah 1.400 KL mengalami kandas di perairan Pelabuhan Paumako, Timika

Pertamina Jamin Penyaluran BBM di Timika Telah Normal
KOMPAS.com/ Aji YK Putra
Kapal tangker yang diduga mengangkut minyak ilegal dari PT Karimata Energi Persada saat bersandar di dermaga kecil di di Jalan Lettu Karim Kadir, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, Minggu (17/9/2018). Dalam penggerbekan yang dilakukan Polda Sumsel, polisi menduga gudang yang dijadikan penyimpanan itu merupakan tempat pengolahan minyal ilegal. 

TRIBUNSOLO.COM, JAYAPURA - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII memastikan pasokan BBM yang disalurkan untuk PLN wilayah Timika telah normal mulai Jumat (16/11/2018) pagi.

Pertamina telah menyalurkan total 186 KL sejak kemarin malam setelah menerjunkan tim respons yang bergerak cepat untuk melakukan proses penyaluran menggunakan landing craft tank (LTC) sejak pukul 19.30 waktu setempat.

Sebelumnya, kapal pengangkut solar MT Kahayan yang mengangkut solar sejumlah 1.400 KL mengalami kandas di perairan Pelabuhan Paumako, Timika, yang disebabkan oleh surutnya air laut.

Kondisi surutnya air laut menyebabkan kapal tidak dapat melakukan manuver untuk merapat ke dermaga di Jobber Timika dan melakukan bongkar muat BBM.

Tahun Depan, Witan Sulaeman Bakal Merumput di Eropa

Pertamina mengambil langkah alternatif melakukan proses ship to ship dari MT Kahayan ke LCT untuk kemudian disalurkan ke mobil tangki, agar PLTD PLN dapat beroperasi kembali sesegera mungkin.

Pjs Unit Manager Communication & CSR MOR VIII, Bagja Mahendra menyatakan, surutnya air laut membuat kapal tidak dapat sandar.

“Faktor surutnya air laut di perairan Pelabuhan Paumako membuat kapal pengangkut solar MT Kahayan tidak dapat sandar karena aspek keamanan dan keselamatan tidak dapat terpenuhi, sehingga kapal tidak dapat melakukan aktivitas bongkar muat,” ungkap Bagja, Jumat siang.

“Untuk itu, Pertamina mengambil alternatif untuk melakukan penyaluran LCT agar segera didistribusikan ke PLN Timika"

"Sejak pukul 19.30 WIT tim respons telah melakukan gerak cepat agar solar dari MT Kahayan dapat disalurkan dan diprioritaskan untuk PLTD PLN Timika,” tambah Bagja.

Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia Laporkan Grace Natalie Terkait Dugaan Penistaan Agama

Dengan langkah alternatif yang ditempuh Pertamina, pada pukul 23.00 WIT kemarin, PLTD PLN Timika telah kembali beroperasi dan pelayanan telah normal kembali 100 persen.

Prioritas berikutnya, Pertamina akan melakukan stock build-up di tangki PLN.

"Sampai dengan berita ini diturunkan sore ini, Pertamina telah menyalurkan solar ke PLN Timika sebesar total 276 KL dan rencana penyaluran selanjutnya adalah sebesar 150 KL"

"Pertamina juga telah menyiapkan langkah antisipasi dengan mempercepat pengiriman kapal pengangkut BBM ke Timika yang disuplai dari TBBM Wayame, Tual, dan Merauke," ujar dia. (Kompas.com/John Roy Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Pastikan Penyaluran BBM di Timika Telah Normal Kembali"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved