Federasi Serikat Guru Indonesia Sebut Pengusul Gaji Guru Rp 20 Juta hanya Asal Bicara

Dari segi finansial, Wakil Sekjen FSGI, Satriawan Salim menuturkan, kondisi keuangan negara tak memungkinkan untuk membayar gaji guru Rp 20 juta.

Federasi Serikat Guru Indonesia Sebut Pengusul Gaji Guru Rp 20 Juta hanya Asal Bicara
TribunSolo.com/Efrem Limsan Siregar
Ilustrasi, rombongan guru SD dan MI dari Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur, melihat kegiatan belajar anak-anak di Balai Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Kamis (6/9/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -  Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai, guru masih kerap dijadikan objek politisasi, terlebih pada tahun politik seperti saat ini.

Wakil Sekjen FSGI, Satriawan Salim, mencontohkan soal janji gaji guru sebesar Rp 20 juta per bulan yang dicetuskan oleh anggota tim sukses salah satu pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

"Kita berpikir dalam kajian kita, ini adalah pernyataan yang asal bicara dan tanpa kalkulasi yang baik," kata  dia di Gedung LBH, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018).

Sebelumnya diberitakan TribunSolo.com, salah seorang Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, mengusulkan gaji guru naik hingga Rp 20 juta per bulan.

Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Ingin Gaji Guru Naik hingga Jadi Rp 20 Juta

Dari segi finansial, Satriawan Salim menuturkan, kondisi keuangan negara tidak memungkinkan untuk membayar gaji guru sebesar itu.

"Yang pertama dari segi perhitungan keuangan negara, bagaimana itu Rp 20 juta per bulan, kita ketahui bagaimana kondisi keuangan kita sekarang," kata dia, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Menurut perhitungan FSGI, negara harus menggelontorkan uang sebesar Rp 45 triliun per bulan untuk membayar gaji guru.

Totalnya, dibutuhkan sekitar Rp 540 triliun untuk menggaji guru dalam satu tahun.

Sandiaga Uno Sebut Kenaikan Gaji Guru Rp 20 Juta tak Mungkin Direalisasikan

Selain itu, FSGI juga mempertanyakan guru dari golongan mana yang akan digaji dengan jumlah itu, apakah guru yang telah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), atau guru honorer, atau guru swasta.

"Dari segi teknis administrasi, guru itu banyak, guru PNS, golongannya juga banyak, mulai dari 3A, 3B, 3C, 3D, jadi golongannya banyak, pangkat banyak," kata Satriawan Salim.

"Guru mana yang mau digaji Rp 20 juta," ujar Satriawan Salim.

Di hari yang bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) pada 25 November ini, Satriawan Salim mengimbau para guru agar tidak bulat-bulat menelan janji politik seperti itu. (Kompas.com/Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul FSGI: Usulan Gaji Guru Rp 20 Juta Asal Bicara dan Tanpa Kalkulasi

Editor: Junianto Setyadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved