Menikmati Wisata Budaya dan Lomba Kicau Burung di Pemandian Air Panas Lengenharjo, Sukoharjo

Pemandian air hangat Langenharjo terletak di Jl. Langen Harjo, Dusun II, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Laporan wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Pemandian air hangat Langenharjo terletak di Jl. Langen Harjo, Dusun II, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Pada awalnya bangunan ini didirikan oleh Sunan Paku Buwono IX pada tahun 1870, dan baru diselesaikan pembangunannya oleh Sunan Paku Buwono X pada 15 Juli 1931. 

Tempat ini dibangun untuk persinggahan yang nyaman dan damai, dan digunakan sebagai tempat rekreasi para keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta.

Menurut Puguh, selaku pembina LA Area sekaligus Warga disekitar Pemandian menerangkan, jika air disini mengandung belerang yang bermanfaat bagi kesehatan kulit yang dipercaya mampu mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu, kadas, dan lainnya.

"Dahulu ada sumber gas dan bisa digunakan untuk menyalakan api, sehingga dapat digunakan sebagai penerangan disekitar lokasi," terang Puguh.

Saloka Theme Park yang Digadang-gadang Jadi Wisata Unggulan Jawa Tengah Bakal Segera Dibangun

Pada tahun 1996, pemandian ini sempat direnovasi dengan dilengkapi bak dan kamar mandi serta bak untuk berendam air panas dan terbuka untuk umum.

Namun keberadaan air panas ini sudah hampir berkurang seiring menghilangnya sumber air panas pada lokasi tersebut.

Akibatnya pengunjung yang datang mulai semakin berkurang.

Untuk melestarikan tempat bersejarah ini, Puguh dan timnya memanfaatkan halaman pemandian air panas ini untuk mengadakan lomba kicau burung.

Alhasil, setiap lomba diselenggarakan ratusan pengunjung memadati lokasi ini. 

"Jadi disini peninggalan tempat budaya yang digunakan untuk bertamasya dan berekreasi, dan kita gabungkan dengan lomba ini," terang Puguh.

Bus Tayo di Sukoharjo yang Mendadak Viral, Ajak Wisatawan Keliling Taman Pakujoyo

Menurut ketua panita LA Area, Danar, ada 20 sesi yang diperlombakan dalam ajang mingguan ini, untuk jenis burung Lovebird, Kenari, dan Campuran Import. 

"Juara 1-3 akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan, piagam, dan tropi, sementara juara 4 mendapatkan uang pembinaan dan piagam." Jelas Danar.

Simak video lengkapnya di atas. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved