Rapimnas Kadin 2018 di Solo

Rapimnas Kadin 2018 Dilengkapi BATIKVAGANZA, Dimulai Senin (26/11/2018) Hari Ini

Pameran BATIKVAGANZA tersebut dibarengkan dengan Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Rapimnas Kadin 2018.

Rapimnas Kadin 2018 Dilengkapi BATIKVAGANZA, Dimulai Senin (26/11/2018) Hari Ini
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
BATIKVAGANZA dalam Rapimnas Kadin 2018 di Alila Hotel Solo, Senin (26/11/2018) siang. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Ragam produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari penjuru Indonesia dipamerkan dalam BATIKVAGANZA di Hotel Alila Solo, Senin- Rabu (26-28/11/2018).

Pameran tersebut dibarengkan dengan Rapat Pimpinan Nasional  Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Rapimnas Kadin 2018 di tempat yang sama.

Ketua Kadin Kota Solo Gareng Sri Haryanto mengatakan pameran ini menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

"Selain itu ada juga produk UMKM lain seperti makanan khas, aksesoris, kerajinan tangan, tapi memang mayoritas batik," kata Gareng kepada TribunSolo.com, Senin (26/11/2018), di Alila Solo Hotel.

BATIKVAGANZA dalam Rapimnas Kadin 2018 di Alila Hotel Solo, Senin (26/11/2018) siang.
BATIKVAGANZA dalam Rapimnas Kadin 2018 di Alila Hotel Solo, Senin (26/11/2018) siang. (TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO)

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Dijadwalkan Menjamu Peserta Rapimnas Kadin 2018

Sedikitnya 57 stand UKM binaan Kadin ambil bagian untuk memeriahkan BATIKVAGANZA.

"Bahkan produsen tekstil industri besar juga turut ambil bagian, seperti PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma," ujar Gareng.

Selain produk batik, kata Gareng, pameran ini juga memamerkan berbagai komoditas produk UKM unggulan daerah d iantaranya ada yang sudah berorientasi ekspor.

Hal tersebut sejalan dengan tema yang diusung dalam Rapimnas Kadin, “Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

Rapimnas Kadin 2018 Digelar di Kota Solo, Potensi Dongkrak Pariwisata dan Okupansi Hotel

"BATIKVAGANZA merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bemilai tinggi," ungkap Gareng.

Menurutnya, dalam kaitan itu, Kadin mengajak para pelaku terkait untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang Iebih besar.

Selain BATIKVAGANZA, Rapimnas Kadin juga akan diramaikan serangkaian kegiatan seperti acara welcoming dinner yang dimeriahkan oleh penyanyi kenamaan Katon Bagaskara dan tur Kota Solo.

Setelah acara Rapimnas resmi dibuka, Selasa (27/11/2018) besok, akan dilanjutkan dengan kirab budaya dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota Solo.

Kadin Minta Perusahaan di Solo Harus Percaya Diri Melantai di Pasar Saham

Direncanakan ada 50 kereta kencana dalam kirab yang diikuti delegasi Kadin dari seluruh Indonesia tersebut.

Tak hanya itu, kirab budaya juga akan dilaksanakan 27 November 2018 pukul 14.30 WIB.(*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Junianto Setyadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved