Bos Gojek Masuk dalam Jajaran “2018 Bloomberg 50” sebagai Sosok yang Paling Menginspirasi

Laporan itu menyebut bahwa Go-Jek yang dibangun oleh Nadiem telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam waktu yang cepat.

Bos Gojek Masuk dalam Jajaran “2018 Bloomberg 50” sebagai Sosok yang Paling Menginspirasi
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pendiri layanan ojek berbasis aplikasi online GoJek, Nadiem Makarim, berfoto di kantor pusat GoJek di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (1/3/2016). 

TRIBUNSOLO.COM - Bloomberg baru saja merilis orang-orang di dunia yang paling menginspirasi. Tak pelak, mulai dari orang-orang yang terlibat dalam dunia bisnis dan keuangan, entertainment, politik hingga teknologi dan ilmu pengetahuan di mana sosoknya bisa membawa perubahan besar di tahun 2018 ini.

“Pandangan kami terhadap orang-orang dalam bisnis dan keuangan, hiburan, politik, dan teknologi serta ilmu pengetahuan yang pencapaian khususnya pada tahun 2018 sangat penting,” tulis laporan tersebut dari laman resminya, Jumat (7/12/2018).

Ada yang cukup menarik perhatian dalam 50 daftar sosok-sosok yang ada. Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek masuk ke dalamnya. Laporan itu menyebut bahwa Go-Jek yang dibangun oleh Nadiem telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam waktu yang cepat.

“Tidak ada aplikasi lain yang telah mengubah kehidupan di Indonesia dengan cepat seperti Go-Jek. Kemudian tahun 2015 yang berkembang fokusnya tidak hanya pada pemesanan sepeda motor (ojek), tetapi juga menjadi cara untuk membayar tagihan, memesan makan, atau menjadwalkan pembersihan rumah,” tulis laporan itu.

Kata Go-Jek soal Tagar #UninstallGojek yang Sempat Trending di Twitter, Viral karena Karyawannya

Dalam keterangannya, 2018 Bloomberg 50 mengatakan bahwa layanan "berbagi aplikasi" Go-Jek yang berbasis di Indonesia juga bisa mendobrak untuk ekspansi ke luar negeri.

“Sekarang Go-Jek melakukan ekspansi pertama di luar ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yakni memperluas ke Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Rencana pertumbuhan meningkatkan persaingannya dengan Grab,” jelas Blommberg dalam laporannya itu.

Menurut laporan Bloomberg ini, nilai transportasi online yang akan meningkat pesat di tahun 2025 menjadi 30 miliar dollar AS berdasar penelitian Google-Temasek baru-baru ini adalah alasan mengapa Go-Jek ingin mengaspal di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Driver Grab Beramai-ramai Minta Beralih ke Go-Jek karena Bonusnya Dianggap Lebih Besar

“Peluang tersebut dapat menjelaskan mengapa Google, Tencent Holdings Ltd., JD.com Inc., dan investor lainnya ingin berinvestasi ke Go-Jek. Investasi mereka menghargai perusahaan Nadiem sekitar 5 miliar dollar AS pada bulan Januari, dan ia yakin tentang apa yang akan terjadi di masa depan,” kutip Bloomberg.

Nadiem Makarim masuk ke daftar sosok paling menginspirasi dalam 2018 Bloomberg 50 ini bersama para direktur The Fed Jerome Powell, Richard Clarida, John Williams, Randal Quarles dan Lael Brainard. Selalin itu, peraih nobel bidang fisika Donna Strickland hingga artis Taylor Swift juga masuk ke dalam daftar ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Go-Jek Masuk dalam Jajaran “2018 Bloomberg 50”"
Penulis : Putri Syifa Nurfadilah

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved