Pemilu 2019

Bawaslu Kota Solo Tangani 8 Kasus Pelanggaran selama Masa Kampanye Pemilu 2019

Selama masa kampanye Pemilu 2019 dari 23 September 2018 sampai dengan Desember 2018, Bawaslu Kota Surakarta menangani 8 kasus pelanggaran kampanye.

Bawaslu Kota Solo Tangani 8 Kasus Pelanggaran selama Masa Kampanye Pemilu 2019
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Henry Indraguna saat memberikan sembako murah kepada warga di Lapangan Janti, Bendosari, Sukoharjo, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Selama masa kampanye Pemilu 2019 dari 23 September 2018 sampai dengan Desember 2018, Bawaslu Kota Surakarta menangani 8 kasus pelanggaran kampanye.

Beberapa kasus tersebut antara lain sengketa Partai Berkarya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sampai pada proses mediasi dan putusan dengan keterangan menolak permohonan pemohon.

"Ada juga sengketa antara Partai Nasdem dengan KPU terkait pencalonan caleg yang masuk proses mediasi dan selesai di tingkat tersebut," kata Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Surakarta, Agus Sulistyo, saat jumpa pers di Kantor Bawaslu Surakarta, Jumat (28/12/2018) siang.

Selain itu ada kasus sajadah politik yang selesai karena tidak cukup bukti, Reses DPRD yang dilaporkan namun dianggap tidak memenuhi unsur kampanye, Parade Umat Islam yang juga tidak memenuhi unsur kampanye.

Selain itu juga terdapat laporan kasus kegiatan kampanye di pengajian namun oleh Bawaslu dianggap tidak memenuhi syarat.

"Yang terakhir kampanye di tempat ibadah, kasus ini sudah sampai pada proses klarifikasi namun kami anggap tidak memenuhi unsur kampanye," katanya.

Selain beberapa tersebut, pelanggaran kampanye lainnya yakni pemasangan APK yang dilanggar.

Total sebanyak 766 APK telah ditertibkan oleh Bawaslu dalam kurun waktu 3 bulan mulai dari September hingga Desember 2018.

Pemasangan APK sendiri dilarang di tempat ibadah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah.

APK pun dilarang dipasang di lembaga pendidikan, stasiun, terminal, rambu-rambu lalu lintas, jembatan, pohon pelindung. (*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved